Kompas.com - 17/05/2020, 08:41 WIB
Konsep selasar RSUA yang dikonversi jadi ruang isolasi pasien Covid-19. DOK.Laman ITSKonsep selasar RSUA yang dikonversi jadi ruang isolasi pasien Covid-19.
|


KOMPAS.com - Sebagai upaya antisipasi terhadap pandemi Covid-19, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) berkolaborasi.

Adapun bentuk kolaborasi itu ialah merancang konversi ruang selasar RSUA menjadi ruang isolasi resmi untuk pasien Covid-19.

Ternyata, Langkah ini ditempuh sebagai bentuk antisipasi atau kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan meningkatnya jumlah pasien Covid-19.

Baca juga: ITS Rancang Lampu LED untuk Sterilisasi Covid-19 dan Aman Digunakan

Menurut Thomas Ari Kristianto, Dosen Desain Interior ITS yang juga anggota tim desain dari Tim Satgas Covid-19 ITS menyampaikan, rencana konversi ruang selasar RSUA menjadi ruang isolasi telah dirancang sejak akhir Maret lalu.

Masih tahap revisi

Saat ini, rancangan desain masih dalam tahap revisi karena perlu banyak penyempurnaan terutama secara teknis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perlu dipahami, bahwa secara arsitektur dan interior, teknis membuat ruang isolasi itu tidak mudah, desain juga harus disesuaikan dengan fungsi perangkat medis yang harus terpenuhi," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi ITS, Sabtu (16/5/2020).

Dipilihnya ruang selasar karena memiliki kelebihan dan tantangan. Sebab, ruang yang tersedia secara struktur arsitektur adalah selasar di eksisting arsitektur RSUA.

"Layout ruang ini juga relatif bisa terpisah dengan ruang-ruang pasien regular lainnya, sehingga sesuai sebagai konsep ruang isolasi," katanya.

Banyak tantangannya

Namun tantangannya, selasar tidak didesain untuk ruang kesehatan. Sehingga tidak memiliki sistem Heating Ventilation and Air-Conditioning (HVAC) sesuai standar. Ruang selasar juga tidak memiliki sistem perpipaan dan kelistrikan.

"Lebih dari itu, selasar eksisting tidak didesain memiliki kamar mandi, suplai air bersih, dan pembuangan air kotor. Karenanya, rancangan ini harus didesain cukup konkret," jelas Thomas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.