Kompas.com - 23/04/2020, 12:41 WIB
Dosen Kimia ITS, Sri Fatmawati. DOK.Laman ITSDosen Kimia ITS, Sri Fatmawati.
|

KOMPAS.com - Salah satu dosen Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sri Fatmawati S.Si, M.Sc, Ph.D beberapa waktu lalu menorehkan prestasi gemilang di tingkat internasional.

Adapun prestasinya ialah berhasil mendapatkan kehormatan untuk bergabung menjadi anggota akademi internasional bergengsi yaitu Global Young Academy (GYA).

Apa itu GYA? GYA merupakan akademi ilmu pengetahuan ilmuwan muda di seluruh dunia yang bertujuan sebagai wadah kolaborasi dan dialog internasional.

Baca juga: Di SBMPTN 2020 ITS, Daya Tampung 3 Prodi Ini Besar

Tahun ini, 40 anggota baru yang berasal dari 30 negara terpilih menjadi anggota GYA. Menariknya, Fatma ini merupakan satu-satunya anggota GYA 2020 yang berasal dari Indonesia.

Tak mudah jadi anggota GYA

Menurut dia, untuk menjadi salah satu anggota GYA harus melewati perjalanan panjang dan seleksi yang sangat ketat. Pasalnya, GYA benar-benar menjaring ilmuwan yang memiliki expertise atau keahlian yang baik.

"Untuk menjadi anggota GYA memang tak mudah, mereka perlu melihat latar belakang dan rekam jejak kita di bidang ilmu pengetahuan," ujar Fatma seperti dikutip dari laman resmi ITS, Rabu (22/4/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya pengalaman dalam riset, namun rekam jejak yang dimaksud adalah kontribusi kepada masyarakat, keaktifan anggota di bidang ilmu pengetahuan, visi misi yang dimiliki, serta bagaimana cara mereka mentransfer ilmu yang dimiliki kepada publik.

"Selain itu, meski usia tak sepenuhnya menjadi patokan, namun anggota GYA harus memiliki gelar doktor dalam kurun waktu tiga sampai 10 tahun," imbuhnya.

Fatma sendiri telah berhasil menulis sebanyak 30 paper dan 20 penelitian. Atas kerja keras dan prestasi mengagumkan yang dimiliki, ia dinilai layak menjadi bagian dari GYA dan rencananya akan dilantik pada Juni 2020 mendatang di Jerman.

"Menjadi anggota baru GYA, memberikan kehormatan bagi saya karena dapat berkomunikasi dengan ilmuwan hebat di penjuru dunia," katanya lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.