Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita "Jalan Sesama" TVRI Senin 11 Mei 2020, Episode: Tumbuh Besar

Kompas.com - 11/05/2020, 21:58 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan “Jalan Sesama” untuk anak-anak PAUD. Tayangan ini bisa di saksikan setiap pagi pada pukul 08.00 WIB.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Jalan Sesama menyuguhkan beragam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan, yang disajikan dengan tokoh utama bernama Putri, Tantan, Momon dan Jabrik.

Berikut adalah rangkuman dari tayangan "Jalan Sesama" episode Tumbuh Besar untuk PAUD pada Senin 11 Mei 2020, 

Baca juga: 10 Rangkuman Tayangan Jalan Sesama Anak PAUD di TVRI, 7 Mei 2020

1. Memikirkan hal menyenangkan

Ketika Jabrik terkena duri dan durinya akan dicabut oleh dokter, Jabrik memikirkan hal yang menyenangkan seperti bermain drum sehingga ketika durinya di cabut, Jabrik tidak merasakan sakit.

2. Pelukan membuat perasaan lebih baik

Elmo sedang sedih karena mainannya rusak, Grover datang memberikan mainannya tetapi usaha yang dilakukan Grover tidak berpengaruh.

Elmo tetap merasa sedih. Grover kemudian memeluk Elmo, ternyata pelukan itu membuat Elmo merasa lebih baik 

3. Tips tumbuh besar

Ibu Dokter menyampaikan untuk dapat tumbuh dengan sehat perlu memilih makanan sehat seperti buah dan sayur, tidur cukup dan olahraga agar tubuh tetap bugar. Meloncat-loncat termasuk kegiatan olah raga yang dapat membuat tubuh bergerak sehingga bisa bertumbuh.

4. Musik mempengaruhi emosi

Grover sedang memimpin orkes musik mulai dari musik yang membuat ia senang, marah sampai dengan musik yang indah dan lembut yang membuat ia mengantuk, musik cukup mempengaruhi emosi sampai membuat grover merasa lapar.

5. Teratur 

Ketika Momon dan Jabrik sedang asyik bermain kemudian Tatan datang dan mengajak ke rumahnya untuk merasakan kue bolu buatannya. Sebelum bergegas pergi, Momon dan Jabrik membereskan mainannya agar teratur dan tidak tercecer atau hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com