Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar Classtime, Panduan Penggunaan dan Link Asesmen Gratis untuk Guru

Kompas.com - 25/04/2020, 13:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran secara daring sebagai antisipasi wabah Covid-19 memunculkan berbagai alternatif metode dalam melakukan pembelajaran dan juga penilaian atau asesmen siswa. Salah satu asesmen siswa yang dapat digunakan yakni Classtime.com

Terkait hal itu, Eduversal menghadir webinar penguatan kompetensi guru dengan tema "Another Online Assements Alternative: Classtime.Com" yang diadakan Sabtu, 25 April 2020.

Webinar yang diberikan secara gratis ini disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok dengan moderator Yulistyo Ramon dari Eduversal.

Sekitar 350 lebih peserta baik guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah mengikuti seminar online Eduversal ini melalui berbagai platform seperti Zoom, Youtube Streaming dan juga Telegram.

Baca juga: Keren, Sekolah Ini Undang Enes Kanter Pebasket NBA Jadi Guru Tamu Belajar di Rumah

"Keunggulan classtime ini guru terbantu dengan akses generate report untuk siswa, dengan cepat siswa bisa mendapatkan feedback dari assessment secara langsung," jelas Lanjar Mulyana yang juga merupakan Kepala Sekolah Pribadi Bilingual Depok.

Lanjar menambahkan, "Selain itu guru juga mendapatkan analisis kelas yang mana bisa dijadikan evaluasi diri dalam pembelajaran dan menentukan arah remidial siswa dengan tepat sasaran."

Altenatif asesmen siswa

Lanjar Mulyana menyampaikan ada beberapa platform yang umum sebagai aplikasi untuk digunakan antara lain Google Form, Exam View, Quizizz, Kahoot, Quizlet selain Classtime.

"Hasil survei saya terhadap siswa, Quizizz menjadi platform yang sering digunakan para guru untuk asesmen siswa selaian Google Form dan Kahoot dan Classtime," papar Lanjar.

Lanjar menyampaikan rata-rata siswa menyampaikan dalam satu minggu, guru melakukan 5 kali penilaian menggunakan platform yang sama. Hal ini tentu dapat membuat siswa dapat menjadi bosan.

Lanjar menyarankan para guru melakukan variasi menggunakan platform yang variatif dalam memberikan penilaian pada siswa.

"Agar anak-anak tidak bosan dan untuk menumbuhkan minat belajar siswa melalui online. bayangkan kalau siswa harus mengerjakan soal sebanyak lima kali seminggu menggunakan platform yang sama. Tentu membosankan," jelas Lanjar.

Fitur "bank soal"

Eduversal menghadir webinar penguatan kompetensi guru dengan tema Another Online Assements Alternative: Classtime.Com yang diadakan Sabtu, 25 April 2020 dan disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok.DOK. YOUTUBE/EDUVERSAL Eduversal menghadir webinar penguatan kompetensi guru dengan tema Another Online Assements Alternative: Classtime.Com yang diadakan Sabtu, 25 April 2020 dan disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok.

Lanjar menjelaskan salah satu keunggulan Classtime adalah adanya "bank soal" dalam fitur Library.

"Selain dapat mengambil bank soal dari fitur yang tersedia, ada juga kanal tautan-tautan lain yang siap dimanfaatkan dengan gratis, misal dari chan-academy. Materi dibagi berdasarkan mata pelajaran maupun grade atau tingkat kelas," jelas Lanjar.

Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari esai sampai pilihan berganda, tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com