Webinar Classtime, Panduan Penggunaan dan Link Asesmen Gratis untuk Guru

Kompas.com - 25/04/2020, 13:13 WIB
Tangkapan layar platform asesmen siswa Classtime.com DOK. CLASSTIME.comTangkapan layar platform asesmen siswa Classtime.com

KOMPAS.com - Pembelajaran secara daring sebagai antisipasi wabah Covid-19 memunculkan berbagai alternatif metode dalam melakukan pembelajaran dan juga penilaian atau asesmen siswa. Salah satu asesmen siswa yang dapat digunakan yakni Classtime.com

Terkait hal itu, Eduversal menghadir webinar penguatan kompetensi guru dengan tema "Another Online Assements Alternative: Classtime.Com" yang diadakan Sabtu, 25 April 2020.

Webinar yang diberikan secara gratis ini disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok dengan moderator Yulistyo Ramon dari Eduversal.

Sekitar 350 lebih peserta baik guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah mengikuti seminar online Eduversal ini melalui berbagai platform seperti Zoom, Youtube Streaming dan juga Telegram.

Baca juga: Keren, Sekolah Ini Undang Enes Kanter Pebasket NBA Jadi Guru Tamu Belajar di Rumah

"Keunggulan classtime ini guru terbantu dengan akses generate report untuk siswa, dengan cepat siswa bisa mendapatkan feedback dari assessment secara langsung," jelas Lanjar Mulyana yang juga merupakan Kepala Sekolah Pribadi Bilingual Depok.

Lanjar menambahkan, "Selain itu guru juga mendapatkan analisis kelas yang mana bisa dijadikan evaluasi diri dalam pembelajaran dan menentukan arah remidial siswa dengan tepat sasaran."

Altenatif asesmen siswa

Lanjar Mulyana menyampaikan ada beberapa platform yang umum sebagai aplikasi untuk digunakan antara lain Google Form, Exam View, Quizizz, Kahoot, Quizlet selain Classtime.

"Hasil survei saya terhadap siswa, Quizizz menjadi platform yang sering digunakan para guru untuk asesmen siswa selaian Google Form dan Kahoot dan Classtime," papar Lanjar.

Lanjar menyampaikan rata-rata siswa menyampaikan dalam satu minggu, guru melakukan 5 kali penilaian menggunakan platform yang sama. Hal ini tentu dapat membuat siswa dapat menjadi bosan.

Lanjar menyarankan para guru melakukan variasi menggunakan platform yang variatif dalam memberikan penilaian pada siswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X