Kompas.com - 24/04/2020, 10:15 WIB
Tangkapan layar tayangan Sahabat Pelangi bagi siswa kelas 1-3 SD, Jumat (24/4/2020). KOMPAS.com/ALBERTUS ADITTangkapan layar tayangan Sahabat Pelangi bagi siswa kelas 1-3 SD, Jumat (24/4/2020).
|

KOMPAS.com - Program tayangan Belajar dari Rumah di TVRI pada pukul 08.30-09.00 WIB diisi Sahabat Pelangi. Tayangan untuk kelas 1-3 SD dan sederajat kali ini mengambil tema "mari menabung".

Bagi adik-adik kelas 1-3 SD yang tadi ketinggalan tayangan Sahabat Pelangi di TVRI Nasional, maka berikut ini rangkuman dari tayangan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut.

1. Arti menabung

Ketika berada di sekolah, siswa diajak hitung-hitungan menabung oleh bu guru. Pada kesempatan itu, bu guru menjelaskan arti menabung.

Menabung artinya menaruh uang di satu tempat untuk sekian lama. Uang yang ditabung itu bisa dari uang jajan siswa yang disisihkan setiap hari.

Baca juga: Kelas 4-6 SD, Ini Rangkuman Materi: Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Ibu guru berkata, "belajar menabung sejak usia kalian akan bagus hasilnya untuk dipakai keperluan nanti".

Menabung bisa dengan celengan yang beli di toko atau dengan membuat sendiri dari toples.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Belajar berhitung

Bu guru juga mengajarkan anak berhitung dengan contoh uang tabungan. Misalnya dalam sehari siswa diberi uang jajan Rp 3.000, maka jika disisihkan Rp 1.000, berapa uang yang akan diperoleh selama 1 minggu?

Kalau menabung selama 1 bulan atau 30 hari, berapa uang tabungan kita?

Tentu hasilnya adalah Rp 30.000. Kemudian hasil itu jika terus menabung selama 3 bulan hasilnya menjadi Rp 90.000, karena 30.000 x 3 = Rp 90.000.

3. Pesan bu guru

"Jadi mulai sekarang kita sama-sama rajin menabung ya. Atau yang terpenting kalian ingat dan memasukkan uang ke tabungan".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.