Pandemi Covid-19, Telkom Dukung Masyarakat Belajar dari Rumah Lewat Cara Ini

Kompas.com - 20/04/2020, 06:30 WIB
Seorang murid Sekolah Madrasyah Ibtidaiyah Negeri  mengerjakan tugas sekolah secara online melalui kiriman video dari gurunya di desa Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). Pemerintah setempat mengeluarkan surat edaran agar murid sekolah dari berbagai tingkatanpendikan belajar mandiri di rumah selama 14 hari terhitung tanggal 16 Maret 2020 guna mencegah penyeberan virus COVID-19. ANTARA FOTO/AMPELSASeorang murid Sekolah Madrasyah Ibtidaiyah Negeri mengerjakan tugas sekolah secara online melalui kiriman video dari gurunya di desa Doy, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). Pemerintah setempat mengeluarkan surat edaran agar murid sekolah dari berbagai tingkatanpendikan belajar mandiri di rumah selama 14 hari terhitung tanggal 16 Maret 2020 guna mencegah penyeberan virus COVID-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum surut melanda dunia bisa mengakibatkan kegiatan belajar dari rumah menjadi satu-satunya pilihan bagi guru dan siswa berinteraksi meningkatkan daya keilmuan.

Hingga kini, pemerintah Indonesia masih menerapkan imbauan bekerja, belajar, dan ibadah dari rumah bagi rakyat lantaran merebaknya virus corona.

Tak tanggung-tanggung, demi memutus mata rantai persebaran virus mematikan itu, Presiden Joko Widodo sendiri yang mengambil kebijakan bagi rakyat Indonesia untuk tertib melakukan physical distancing.

"Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi pengurangan penyebaran Covid-19," ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan konferensi jarak jauh pada Senin (16/3/2020) lalu.

Solusi untuk masyarakat

Sementara itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom yang menggamit Telstra dan membentuk perusahaan patungan Telkomtelstra memilih ikut berpartisipasi menjawab tantangan Presiden Jokowi.

Dalam keterangan tertulis pada Senin (20/4/2020), Telkomtelstra menawarkan Teams sebagai pilihan solusi.

"Didukung Microsoft, Teams memiliki sejumlah fitur yang sepenuhnya mendukung pembelajaran jarak jauh." kata Agus F. Abdillah, Chief of Products and Services Officer Telkomtelstra.

Telkomtelstra, ia melanjutkan, memberikan solusi layanan gratis selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Microsoft TeamsMicrosoft Teams Microsoft Teams
Agus menerangkan, Teams dapat memberikan fleksibilitas bagi guru dan pendidik dalam berkomunikasi di satu kelas ataupun lintas kelas, baik di sekolah ataupun universitas.

Selain itu, Teams dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran virtual melalui konferensi video serta menyediakan fitur diskusi baik secara grup ataupun satu per satu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X