Kompas.com - 18/04/2020, 19:55 WIB
Ilustrasi generasi milenial memilih tinggal di apartemen. ThinkstockIlustrasi generasi milenial memilih tinggal di apartemen.

KOMPAS.com - Lebih dari 150 universitas di Indonesia mempermudah proses pendaftaran masuk sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan akses akibat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Kemudahan proses pendaftaran masuk universitas ini diinisiasi aplikasi GoKampus yang dapat diakses melalui situs desktop maupun aplikasi Android dan iOS.

"Pihak goKampus membantu perguruan tinggi Indonesia memberikan dampak nyata bagi mahasiswa baru dengan menyediakan kemudahan akses pendidikan lewat aplikasi mobile dan fitur Instant Approval," ujar Nathanael Santoso, CEO GoKampus melalui pesan singkat kepada Kompas.com (16/4/2020).

Nathanael berharap melalui aplikasi ini semua siswa di Indonesia bisa mendapatkan akses perkuliahan, menghidupi kehidupan kampus dengan lebih digitized, produktif, murah, dan menyenangkan.

Baca juga: 25 Jurusan UI Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampungnya

Tantangan kampus di tengah pandemi

Nathanael mengutip data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah lulusan SMA dan SMK yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih di bawah 60 persen setiap tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ditambah dengan dampak pandemi, ini bisa membuat jumlah mahasiswa baru menurun tahun ini," ujarnya.

Hal ini juga diakui Jaya Suteja, Perwakilan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Surabaya (Ubaya). Ia menjelaskan bahwa akses perguruan tinggi untuk siswa-siswi yang diwajibkan tinggal di rumah menjadi terkendala.

“Pertama, kurangnya akses informasi dan konsultasi seputar perguruan tinggi yang diminati karena berhentinya acara sekolah, seperti pameran pendidikan. Kedua, sulitnya melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru," jelas Jaya Suteja.

Jaya melanjutkan, "Apalagi di tengah PSBB, siswa kesulitan dalam mengirimkan rapor secara langsung.” 

Hal senada disampaikan Gunardi Lie, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara, “Penting bagi lulusan SMA atau sederajat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, sehingga generasi muda tetap meraih karir di masa depan yang lebih baik sekalipun saat ini sedang dihadapkan dengan bencana nasional pandemi Covid-19.” 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.