UNJ Buka Layanan Konseling Psikologi Gratis bagi Masyarakat, Ini Caranya

Kompas.com - 18/04/2020, 10:22 WIB
Ilustrasi konseling dengan psikiater Ilustrasi konseling dengan psikiater
|

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia dan di belahan dunia sampai saat ini masih menghadapi wabah mematikan virus corona atau Covid-19.

Bahkan pemerintah belum bisa memastikan sampai kapan penyebaran virus ini akan berakhir. Karena kondisi itu, bukan hanya mengancam kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental.

Tak jarang masyarakat mudah emosi, stres, cemas berlebihan, depresi, dan sebagainya. Stres, cemas, dan depresi yang berkepanjangan tidak hanya dapat menurunkan daya tahan tubuh, namun juga dapat mengganggu kesehatan mental.

Baca juga: Ini 3 Prodi UNJ Paling Diminati pada SBMPTN 2019

Hal ini tentu dapat mengakibatkan masyarakat menjadi sakit secara fisik. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu sehat baik secara fisik maupun mental.

Layanan konseling gratis

Sebagai upaya mengantisipasi banyaknya masyarakat yang terkena dampak covid-19, Universitas Negeri Jakarta ( UNJ) melakukan kegiatan kepedulian terhadap dampak Covid-19 melalui UNJ Peduli.

Melansir laman resmi UNJ, Jumat (17/4/2020), kegiatan ini tidak hanya memberikan bantuan secara fisik untuk sivitas akademika UNJ dan masyarakat, tetapi juga memberikan pendampingan melalui layanan konseling psikologi gratis secara daring atau online.

Kegiatan UNJ Peduli ini bekerjasama dengan Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ. Pelayanan konsultasi psikologi online membantu masyarakat yang mengalami kegelisahan dan kekhawatiran terkait dengan wabah Covid-19.

Sehingga secara mental, masyarakat selalu sehat. Karena Kesehatan mental sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan penguatan imunitas dalam menghadapi virus corona.

Adapun pelaksanaan layanan konseling psikologi online dimulai 20 April 2020. Untuk jadwalnya ialah setiap hari Senin–Jumat.

Alur pelayanan

Alur prosedur pelayanan online adalah sebagai berikut:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X