6 Tips Jaga Stabilitas Mental Anak Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 17/04/2020, 18:16 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan kebijakan pembatasan sosial termasuk di antaranya dengan mengubah sistem pembelajar dari berbasis kelas atau sekolah menjadi pembelajaran berbasis online dari rumah.

Bagi orangtua, tentunya bukan hal sulit menyesuaikan kondisi ini. Namun bagaimana dengan anak usia pra sekolah atau anak usia dini? Apakah situasi ini akan berdampak kepada perkembangan emosi dan mental mereka?

Danny K. Tania dan Laurensia Lindi, Konselor Sekolah Sinarmas World Academy membagikan beberapa panduan bagi orangtua guna memastikan perkembangan si kecil tetap seimbang dan maksimal:

1. Memaparkan fakta Covid-19

Mulailah dengan bertanya, dan mencari tahu seberapa jauh anak merasakan perubahan dalam kesehariannya.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Pola Asuh dan Efeknya pada Anak

Mulai jelaskan tentang mengapa perubahan yang dilakukan itu penting dan apa yang mungkin terjadi apabila perubahan yang dirasakan tidak dilakukan. Perhatikan selalu gaya bahasa yang digunakan positif dan tidak condong menakut-nakuti.

Dalam memberi pengertian, pastikan fakta digunakan merupakan fakta dari sumber terpercaya, dan penting untuk mengolah fakta tersebut menggunakan kalimat sederhana yang gampang dicerna oleh si kecil.

Tanamkan kepada anak untuk aktif bertanya, dan mencari tahu bersama apabila ada situasi tidak dipahami.

Seperti yang telah dilakukan Sinarmas World Academy, guru pra-sekolah dapat membantu menjelaskan situasi COVID-19 kepada siswa dan berkomunikasi dengan orangtua dalam menyamakan penyampaiannya.

2. Membawa semangat dan energi positif

Anak sangat tanggap dalam membaca emosi orangtua dan lingkungan sekitarnya. Sangat penting untuk si kecil mengerti perubahan terjadi tidak merubah orangtua mereka secara emosi dan perilaku.

Orangtua harus tetap menjaga energi positif saat beraktivitas sehari-hari, karena energi tersebut yang akan ditangkap anak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X