Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2020, 07:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tercatat hingga 10 April 2020, pasien di Indonesia yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 mencapai 3.512 orang. Pasien sembuh 282 orang, namun ada 306 orang yang meninggal.

Karena penyebaran virus corona sangat cepat, maka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengajak seluruh calon mahasiswa Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa.

Apa kontribusi itu? Ternyata LTMPT mengajak calon mahasiswa baru untuk menjadi "Duta Pencegahan Corona" di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Ini 6 Pesan Khusus Ketua LTMPT pada Pengumuman SNMPTN 2020

Melansir akun resmi Instagram LTMPT, Jumat (10/4/2020) admin LTMPT mengajak agar sebagai calon mahasiswa sekarang waktunya bergerak ambil bagian, Jadilah Duta Anti Corona di lingkunganmu.

Sebarkan infomasi yang valid tentang Covid-19 dan pencegahannya dengan baik. Sehingga masyarakat dapat lebih teredukasi dan penyebaran virus dapat terkendali.

7 hal yang harus dilakukan

Lantas apa yang harus dilakukan sebagai Duta Pencegahan Corona? Merangkum akun Instagram LTMPT, berikut ini 7 hal yang harus dilakukan:

1. Mengunduh setidaknya satu infografis tentang Covid-19 dan twibbon Calon Mahasiswa Indonesia Melawan Corona yang disediakan pada Laman LTMPT Official.

2. Sunting foto terbaikmu menggunakan twibbon yang tersedia. Pada tahap ini kamu dapat menggunakan aplikasi suntingan foto misalnya PicsArt.

3. Unggah infografis dan foto dengan twibbon pada laman media sosial pribadimu (Instagram, Twitter, Facebook. dll.). Gunakan Fitur 'Instagram Carousel' (foto slide) agar kedua foto dapat diunggah pada satu postingan yang sama.

4. Caption berisikan ajakan untuk Calon Mahasiswa Indonesia yang lain ikut berkontribusi dalam penanganan Pandemik Corona dari rumah. Caption dapat dibuat sekreatif dan menarik mungkin, dengan template rujukan:

"Hallo #CalonMahasiswaIndonesia! Perkenalkan saya (masukkan nama), calon mahasiswa Program Studi/Fakultas ...... di (masukkan Perguruan Tinggi).

Pandemik COVID-19 yang menyerang Indonesia menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu, saya melakukan (isi dengan kontribusi yang sudah kamu lakukan dalam rangka pencegahan Corona) sebagai kontribusi nyata dalam melawan penyebaran Virus COVID-19. Ini kontribusiku, sekarang giliranmu!"

5. Gunakan tagar #KontribusiNyataCalonMahasiswa, #CalonMahasiswaIndonesiaMelawanCorona, dan #LTMPT2020

6. Tag dan mention akun @LTMPTOFFICIAL, @ KEMDIKBUD.RI, dan @DITJEN.DIKTI (pastikan kamu sudah follow ketiganya ya!). Jangan kunci akun yang digunakan agar panitia dapat melihat konten yang kamu unggah.

Baca juga: LTMPT Minta Lulusan SNMPTN 2020 Jadi Duta Pencegahan Covid-19

7. Manfaatkan juga momentum ini untuk membangun jejaring yang lebih luas baik dengan teman sesama ataupun berbeda almamater.

Cukup mudah bukan? Yuk mulai dari kamu! Sekarang waktunya ambil bagian bersama melawan Covid-19 agar pandemik cepat selesai. Kami tunggu kreasimu, Calon Mahasiswa!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com