Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmu Lingkungan dan Ilmu Biologi Terbaik di Indonesia adalah...

Kompas.com - 13/03/2020, 17:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Bidang Ilmu Lingkungan dan Ilmu Biologi Institut Pertanian Bogor (IPB) University menjadi kategori bidang ilmu terbaik di Indonesia.

Predikat tersebut berdasarkan pengumuman resmi yang diluncurkan QS World University Ranking 2020 pada 4 Maret lalu. QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama.

Peringkat ini menandaskan bahwa selain berjaya di kategori Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry), IPB University juga unggul di kategori Ilmu Lingkungan (Environmental Sciences) dan Ilmu Biologi (Biological Sciences), di mana IPB University menduduki papan paling atas diantara perguruan tinggi lain di Indonesia," demikian keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Peringkat yang diraih IPB University ini didukung fakta-fakta di lapangan diantaranya dari ragam kegiatan penelitian yang dilakukan.

Di samping kegiatan penelitian nasional, IPB University juga telah memperluas jaringan penelitian internasional dengan melakukan kerjasama dengan beberapa universitas dan lembaga penelitian ternama di luar negeri di bidang pertanian dan kehutanan, lingkungan dan biologi.

Baca juga: IPB University Siapkan 17 Prodi Ikuti Akreditasi Internasional ASIIN-ASIC

IPB University aktif berkiprah dalam berbagai konsorsium kerjasama riset internasional terkait ilmu lingkungan dan biologi yang melibatkan mitra riset atau perguruan tinggi antara lain dengan University of Goettingen, Jerman tentang sistem transformasi hutan tropis dataran rendah, Monash University, Australia tentang water sensitive city.

IPB University juga bekerjasama dengan NIES Jepang tentang Eco-city, Wageningen University tentang smart farming, biodiversitas kelautan, ilmu forensik lingkungan, University of Copenhagen, Denmark tentang reduksi emisi, University of Zurich, Swiss tentang Orangutan, ETH Zurich, Swiss tentang lanskap adaptif kelapa sawit, CIFOR tentang perdagangan, lingkungan dan pembangunan, University of Maryland USA tentang faktor emisi kebakaran gambut dan lain-lain.

Melalui ragam kerjasama dengan mitra tersebut serta mitra internasional lainnya, IPB University mendapat penghargaan sebagai Mitra Peneliti Asing untuk kerjasama riset internasional terbaik berturut-turut pada tahun 2016, 2017 dan 2018 dari Kemenristekdikti.

Di bidang Lingkungan, IPB University memiliki reputasi yang baik melalui kiprah beberapa pusat penelitian di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), antara lain Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Pusat Kajian Peluang dan Risiko Iklim Kawasan Asia Tenggara dan Pasifik, Pusat Studi Reklamasi Tambang, Pusat Pengkajian, Perencanaan, dan Pengembangan Wilayah (P4W), dan lain-lain.

Rumpun ilmu biologi merupakan salah satu dasar keilmuan yg penting dari sebagian besar bidang keilmuan di IPB University. Melalui Departemen Biologi IPB University, dikelola jurnal bereputasi internasional terindeks scopus berkategori Q2, yaitu HAYATI Journal of Biosciences.

Baca juga: IPB Naik Peringkat 59 Versi QS WUR 2020 di Bidang Pertanian dan Kehutanan

Bukti keilmuan IPB University di bidang pertanian dan kehutanan, biologi dan lingkungan tampak pada beragam inovasi yang dihasilkan sudah dimanfaatkan secara luas di masyarakat diantaranya padi IPB 3S yang dikenal memiliki produktivitas tinggi, pepaya Calina, ayam IPB D-1, Kentang Jala Ipam (French Fries), dan pupuk organik cair Biohara.

Selain itu, ada juga stimulan maturasi ikan Oodev, Bird Flu Rapid Test (pendeteksi virus H5N1), Katulac (bubuk daun katuk depolarisasi sebagai pakan tambahan (feed additive) pemicu produksi susu sapi perah), InventPro (enzim kit polimerase murni untuk PCR), Provibio (pupuk hayati) dan helm ramah lingkungan berbahan dasar limbah tandan kosong kelapa sawit. Melalui inovasi, dengan integritas tinggi IPB University akan terus menginspirasi.

Selama lima tahun berturut-turut, IPB University selalu masuk dalam jajaran kampus top 100 dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry.

Tahun ini, ada tiga bidang keilmuan di IPB University yang masuk dalam daftar pemeringkatan, yaitu Agriculture and Forestry (51-100) tepatnya di posisi 59, Environmental Sciences (351-400) dan Biological Sciences (551-600).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com