Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Mandiri Undip Tanpa Tes, Siswa Kelas 12 dan "Gap Year" Bisa Coba

Jalur mandiri Undip tanpa tes ini merupakan salah satu jalur mandiri yang dibuka Undip. Jalur mandiri Undip tanpa tes ini disebut juga dengan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

Jalur mandiri yang biasa dibuka perguruan tinggi ngeri, bisa dimanfaatkan oleh siswa kelas 12 maupun lulusan tahun sebelumnya yang belum berhasil lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024.

Dilansir dari laman resminya, berikut informasi mengenai syarat daftar jalur mandiri tanpa tes Undip. Program Sarjana S1 dan Diploma melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) ini punya beberapa persyaratan.

Jalur mandiri Undip tanpa tes

Mengacu pada syaratJalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi berikut persyaratan yang harus dipenuhi.

Jalur mandiri Undip tanpa tes ini tidak hanya bisa dimanfaatkan kelas 12 yang tahun ini lulus, tapi juga siswa gap year. Simak informasinya berikut ini:

1. Lulusan 3 tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023) dari SMA/MA/SMK/MA

2. Memiliki nilai rata-rata rapor per semester 70 (Skala 100).

Cara daftar jalur Undip tanpa tes adalah sebagai berikut:

Berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar jalur mandiri Undip antara lain:

Demikian informasi mengenai jalur mandiri Undip yang bisa dicoba siswa kelas 12 maupun siswa gap year yang belum berhasil lolos SNBP 2024 maupun UTBK SNBT 2024.

Informasi lebih lengkap tentang jalur mandiri Undip tanpa tes bisa dibaca di laman https://pmb.undip.ac.id/sarjana/jalur-sbub/

https://www.kompas.com/edu/read/2024/03/31/133500371/jalur-mandiri-undip-tanpa-tes-siswa-kelas-12-dan-gap-year-bisa-coba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke