Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Golden Ticket Unesa Masih Buka, Bisa Bebas UKT 8 Semester

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), masih membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Golden Ticket.

Saat ini pendaftaran jalur Golden Ticket Unesa gelombang 2 masih buka hingga 31 Maret 2024 mendatang.

Setelah gelombang 2 pendaftaran Golden Ticket Unesa ditutup, calon mahasiswa masih bisa mencoba daftar jalur Golden Ticket Unesa gelombang 3 yang dibuka tanggal 1 hingga 30 April 2024.

Dilansir dari laman resmi Unesa, Kamis (21/3/2024), Golden Ticket merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk menjaring prestasi dan kemampuan yang dimiliki oleh calon mahasiswa.

Golden Ticket Unesa 2024

Jalur Golden Ticket Unesa ini hanya diperuntukkan siswa yang memiliki prestasi kejuaraan di tingkat nasional atau internasional.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unesa, berikut informasi lengkap mengenai jalur Golden Ticket Unesa 2024 yang bisa kamu coba. Mulai dari cara daftar hingga persyaratannya. Berikut informasi lengkapnya.

1. Peserta mendaftarkan diri melalui https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6 dengan mengupload sertifikat prestasinya.

2. Sertifikat prestasi yang diupload selanjutnya akan diseleksi apakah memenuhi kriteria atau tidak

3. Peserta yang memenuhi syarat, akan diinformasikan lebih lanjut via email atau WhatsApp mengenai lolos administrasi (sertifikat)

4. Peserta yang dinyatakan lolos administrasi, selanjutnya wajib mengikuti wawancara secara daring (zoom).

5. Peserta yang lolos selanjutnya akan diinformasikan melalui WhatsApp atau email, serta diumumkan melalui laman admisi

6. Peserta yang dinyatakan mendapat Golden Ticket Unesa, selanjutnya dapat mendaftar melalui SPMB Jalur Prestasi (Mandiri).

Calon mahasiswa yang mendapat Golden Ticket, dapat mendaftar di program studi apapun yang ada di Universitas Negeri Surabaya, keculai Fakultas Kedokteran.

Berikut persyaratan jalur Golden Ticket Unesa 2024:

1. Merupakan siswa yang sedang berada di kelas XII pada tahun ajaran 2023/2024

2. Memiliki prestasi minimal di tingkat nasional ketika di SMA

3. Bersedia dan siap mengembangkan prestasi yang dimilikinya

4. Memiliki prestasi akademik yang mumpuni

Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Dr. Sukarmin menjelaskan, bahwa jalur Golden Ticket Unesa diperuntukan bagi calon mahasiswa terbaik yang memperoleh juara atau prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Golden ticket ini, beber Sukarmin, termasuk kategori jalur mandiri yang proses seleksinya dilakukan secara bertahap. Pendaftarannya sudah dibuka melalui laman, https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6.

Peserta yang sudah mendaftar akan diverifikasi dan diwawancarai tim Unesa di awal bulan. Dengan kata lain, peserta yang mendaftar Februari ini nanti akan diverifikasi pada awal Maret. Begitu seterusnya sampai masa seleksi jalur mandiri.

"Jalur tiket emas ini memiliki kelebihan seperti, sudah jelas tanpa tes. Kemudian dari aspek biaya setara jalur prestasi nasional atau SNBP-SNBT alias peserta tidak dikenai biaya SPI, bahkan jika bagus prestasinya bisa bebas UKT delapan semester," beber Sukarmin seperti dikutip dari laman Unesa, Kamis (21/3/2024).

Adapun tahapan pendaftarannya sebagai berikut:

Demikian informasi mengenai jalur Golden Ticket Unesa yang bisa dicoba siswa berprestasi. Jika kamu punya prestasi di tingkat nasional maupun internasional, jalur Golden Ticket Unesa ini bisa kamu coba selagi masih dibuka hingga 31 Maret 2024.

https://www.kompas.com/edu/read/2024/03/21/072900871/jalur-golden-ticket-unesa-masih-buka-bisa-bebas-ukt-8-semester

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke