Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Guru Besar UI: Generative AI Berguna bagi Dunia Pendidikan dan Riset

KOMPAS.com - Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Harkristuti mengatakan, penggunaan kecerdasan buatan generatif atau Generative AI sangat berguna bagi dunia pendidikan dan riset.

Meski demikian, kata Prof Harkristuti, penggunaan Generative AI tetap harus diwaspadai agar tetap bisa digunakan dengan bertanggung jawab.

"Generative AI menjadi alat luar biasa yang menghadirkan banyak peluang untuk meningkatkan pembelajaran, penelitian, serta kegiatan akademis lainnya," kata Prof Harkristuti dikutip dari laman resmi UI, Rabu (13/12/2023).

Menurut Prof Harkristuti, teknologi Generative AI harus tetap digunakan dengan bertanggung jawab dan tidak melanggar nilai etis.

Hal itu, kata Prof Harkristuti, juga sama seperti penggunaan teknologi canggih lainnya.

"Sebagaimana teknologi canggih lainnya, teknologi ini harus memiliki pertimbangan yang cermat dan penerapan yang bertanggung jawab, serta tidak melanggar nilai-nilai etis," ujarnya.

Senada dengan Prof Harkristuti, Guru Besar Ilmu Komputer UI, Wisnu Jatmiko menilai penggunaan Generative AI memiliki banyak manfaat bagi penggunanya.

Mulai dari memprediksi, mengklasifikasi, dan mengelompokkan data, hingga menghasilkan konten baru selevel dengan konten yang telah ada.

Namun, penggunaan Generative AI, tetap harus diperhatikan agar tidak menghilangkan beberapa esensi pendidikan dan tidak menggantikan manusia.

"Tidak dipungkiri bahwa manusia tidak bisa meninggalkan teknologi karena mereka hidup dengan teknologi. Namun, manusia juga harus mampu mengatur penggunaan teknologi dengan baik," ucap Prof Wisnu.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/12/14/110022871/guru-besar-ui-generative-ai-berguna-bagi-dunia-pendidikan-dan-riset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke