Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi

KOMPAS.com – Calon mahasiswa baru 2023, tentu harus tahu apa bedanya fakultas, program studi (Prodi), dan jurusan.

Penting bagi calon mahasiswa tahu perbedaan ketiganya. Sebab, mengetahui istilah ini bisa membantumu saat kuliah nanti.

Fakultas, jurusan, dan prodi merupakan bagian dari Universitas, yakni lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mengakomodir berbagai fakultas, jurusan, dan program studi.

Dilansir dari laman Sevima, meski ketiganya berbeda tapi tetap berkaitan.

Jurusan dan program studi, merupakan bagian dari fakultas. Untuk itu, ketahui ketiga perbedaannya agar tak keliru.

1. Pengertian Fakultas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Fakultas adalah bagian dari perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan.

Fakultas berada di bawah suatu perguruan tinggi dan merupakan kumpulan dari berbagai jurusan dengan bidang studi ilmu yang sama.

Sebagai contoh yaitu di Universitas Indonesia (UI), terdapat beberapa fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Hal ini berarti, jurusan yang terkait dengan studi ekonomi dan bisnis di UI terkumpul menjadi satu di FEB.

Artinya, jika kamu merupakan mahasiswa Manajemen UI, maka otomatis menjadi bagian dari FEB.

Contoh lain, Universitas Gadjah Mada yang punya beberapa fakultas. Yakni Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, dan lainnya.

2. Pengertian Jurusan

Setelah calon mahasiswa mengetahui fakultas, istilah berikutnya yang perlu untuk dipahami adalah jurusan kuliah.

Pengertian yang didapat dari KBBI, jurusan adalah bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi.

Jurusan berada di bawah fakultas dan berfokus pada suatu disiplin ilmu tertentu, seperti Sejarah, Akuntansi, Manajemen, dan lain-lain.

Perlu diketahui, meskipun masih dalam rumpun ilmu yang sama (satu fakultas), mahasiswa dari jurusan berbeda akan mempelajari hal yang berbeda juga.

Misalnya, Akuntansi dan Manajemen merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa dari kedua jurusan tersebut akan mempelajari dua hal yang berbeda. Mata kuliahnya pun juga disesuaikan dengan jurusan masing-masing.

3. Pengertian Program Studi

Sebuah jurusan bisa terdiri dari beberapa program studi (Prodi) yang memiliki fokus ilmu yang sama.

Sebagai contoh Jurusan Sejarah memiliki dua program studi, yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah.

Perbedaan jurusan dan program studi adalah dibedakan dari tujuan perkuliahannya.

Saat melakukan pendaftaran, biasanya program studi inilah yang dipilih oleh calon mahasiswa baru. Sementara perguruan tinggi akan langsung memberikan pilihan yang spesifik bagi pendaftar sesuai dengan minat masing-masing.

Nah yang perlu diketahui, ada kampus yang menggunakan istilah program studi dan jurusan yang berbeda. Ada juga kampus yang menggunakan istilah program studi dan jurusan itu sama.

Ada juga beberapa perguruan tinggi besar sudah mempunyai banyak jurusan dan program studi kebanyakan menggunakan urutan, yaitu program studi adalah bagian dari sebuah jurusan. Sedangkan program studi sering disebut peminatan.

Contohnya seperti di UGM, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) punya Jurusan Sejarah. Jurusan ini memiliki 2 program studi, yakni Program Studi Geografi Lingkungan dan Program Studi Pembangunan Wilayah. 

Itulah penjelasan perbedaan antara Fakultas, Jurusan, dan Program Studi. Informasi ini diharapkan dapat dimengerti bagi calon mahasiswa, agar tidak keliru saat kuliah.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/31/112802971/cek-perbedaan-fakultas-jurusan-dan-program-studi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke