Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Rizki, Ngamen untuk Bayar Kuliah hingga Raih Prestasi Nasional

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa berprestasi dari Indonesia, Rizki Alfauzi Komdan berhasil meraih Juara 2 Menyanyi Pop Putra pada ajang talenta Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ke-16 tahun 2022.

Adapun ajang tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dilansir dari laman Puspresnas, Rizki yang merupakan mahasiswa semester 6 Fakultas Hukum Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara ini berjuang membiayai kuliah dan menyalurkan hobi menyanyinya dengan "ngamen" di cafe.

"Aku memutuskan buat nyanyi part time di cafe agar bisa membayar uang kuliah sendiri. Tujuannya buat meringankan beban kedua orang tua," ujarnya.

"Kebetulan aku anak kedua dari empat bersaudara, dua adik aku masih sekolah. Kedua orang tua juga support dengan bakat yang aku punya apalagi bapak punya hobi musik yang sama jadi mendukung sekali," imbuh dia.

Perjalanan Rizki tidaklah mudah untuk sampai ke ajang seni bergengsi bagi mahasiswa yaitu Peksiminas.

Sebab Rizki berlatih empat kali dalam seminggu selama satu bulan untuk persiapan menuju Peksiminas di Malang, Jawa Timur. Di samping itu ia harus membagi waktu latihannya dengan kuliah dan menyanyi di cafe.

"Jadi saat persiapan ke nasional aku berlatih bersama vocal coach yang sangat membantu aku dalam persiapan ke nasional. Dalam seminggu ada empat kali latihan. Saat itu aku harus membagi waktu antara latihan, kuliah, dan waktu nyanyi di cafe. Jujur agak kewalahan tapi tetap aku lakukan yang terbaik," tutur Ozi.

Ternyata, prestasi Rizki tidak hanya di Peksiminas saja. Ia pernah meraih medali perak pada bidang lomba Vokal Solo di ajang talenta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA/MA tingkat nasional di Kupang pada 2017.

Selain itu, ia juga mengidolakan mendiang Glenn Fredly, sebagai salah satu talenta musik Indonesia.

"Tokoh idola aku Glenn Fredly. Dia sosok yang sangat menginspirasi aku dalam bermusik karena dia salah satu musisi dari timur Indonesia," katanya.

"Aku dulu ingin banget ketemu sama beliau tapi pas tahu kabar beliau meninggal aku bertekad agar bisa jadi bintang seperti beliau dan menjadi kebanggaan Indonesia yang berasal dari timur indonesia," tutur Rizki.

Rizki berpesan agar tidak mudah menyerah dengan apapun yang sedang kita lewati. "Tetap usaha selama hal yang kita lakuin itu positif dan berdampak besar bagi diri sendiri maupun orang lain," pesan Rizki.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/25/111307171/kisah-rizki-ngamen-untuk-bayar-kuliah-hingga-raih-prestasi-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke