Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Skill yang Dibutuhkan Era Metaverse, Pelajari Sekarang

KOMPAS.com - Kebutuhan pekerja dengan skill yang dibutuhkan dunia Metaverse semakin besar.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia metaverse hampir menyentuh lapisan masyarakat dalam segala aspek. Mulai dari Virtual Reality, Augmented Reality, avatar holografik 3D dan lain-lain.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara, kebutuhan pekerja dengan skill yang dibutuhkan Metaverse sempat diungkapkan beberapa menteri di Indonesia.

Misalnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno yang menyebut bahwa ada tiga bisnis yang sangat dibutuhkan di masa depan yaitu cyber security, metaverse dan payment system and financial technology.

Lalu Gita Wirjawan, mantan Menteri Perdagangan juga mengatakan bahwa ada dua digital skill yang perlu dihadapi untuk menguasai metaverse yaitu belajar dari generasi sebelumnya dan meningkatkan cognitive immunity.

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia metaverse, setidaknya kamu perlu menguasai beberapa digital skill yang bisa kamu asah. Berikut ini skill yang kamu perlukan.

1. Skill Digital Marketing

Digital Marketing menjadi salah satu skill andalan di era Metaverse. Dengan era Metaverse, pengusaha, jasa penyedia marketing dituntut mulai kreatif dan adaptif saat membuat iklan atau trik penjualan produk.

Misalnya menciptakan video yang imersif dan interaktif, menjangkau target pasar dengan lebih mudah menggunakan teknologi baru, melibatkan konsumen dalam pembuatan konten dan publisitas, membuat deskripsi produk melalui cerita dan memberikan pengalaman nyata kepada konsumen melalui pemanfaatan fitur avatar, user generated content, virtual reality, dan augmented reality.

Kamu bisa mulai mempelajari skill ini dengan menguasai beberapa topik turunan dari digital marketing. Mulai dari content marketing, SEO, paid ads, facebook ads, tiktok ads, dan lain-lain.

2. Skill data science

Metaverse merupakan kombinasi antara virtual reality, augmented reality, dan physical realities.

Metaverse tidak akan mungkin terjadi tanpa keberadaan Machine Learning yang penuh pola, coding, dan hal lain secara digital.

Maka dari itu skill data science penting untuk dipelajari. Kamu bisa melakukan analisis data yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber sehingga bisa dijadikan rekomendasi kebijakan bagi perusahaan terkait untuk menentukan strategi yang tepat berdasarkan data.

Metaverse akan berpengaruh pada bidang data and analytics, data visualization yang membuat siapapun dapat berinteraksi dengan data dan menciptakan pengalaman baru yang menyenangkan. Nantinya dengan kehadiran metaverse akan banyak sekali terobosan baru yang muncul.

Karena itu kamu bisa mulai untuk mempelajari skill ini dengan menguasai satu atau dua bahasa pemrograman dalam data science seperti R, Python, SQL dan lain-lain.

3. Skill UI/UX Design

Skill UI/UX bisa kamu pelajari sebagai digital skill menghadapi era metaverse. Sebab, perkembangan saat ini membuat banyak pelaku bisnis mulai beradaptasi untuk memasarkan produknya melalui virtual.

Misalnya, kini penjual bisa live dengan pembeli di Instagram Live dan Tiktok Live. Pengalaman menjual secara online seperti itu salah satunya tidak lepas dari usah para UI/UX Designer (User Interface/User Experience).

Skill ini berhubungan dengan kombinasi journey (pengalaman) konsumen terhadap penggunaan suatu aplikasi dengan melakukan desain antarmuka pengguna.

Nantinya seorang desainer UI/UX mulai melakukan navigasi bisnis terhadap seluruh tahapan yang dilalui oleh customer dalam membeli sebuah produk atau jasa.

Selain itu, skill ini juga berhubungan dengan membuat sketsa 2D menjadi 3D, melakukan penyusunan mockup, moodboard dan elemen lain yang ada di dalam proses pembuatan desain.

Untuk mengasah skill UI.UX kamu bisa menguasai beberapa tools desain seperti Sketch, Invision, Figma dan masih banyak lagi.

4. Bahasa Inggris

Tidak cuma dalam hal Metaverse, kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan dalam berbagai profesi dan kebutuhan. Misalnya menjadi seorang receptionist, tour guide, chef maupun profesi yang sedang berinteraksi dengan orang luar.

5. Skill Project Management

Skill ini bertujuan untuk memanage suatu proyek mulai dari perancangan awal, tahap implementasi, serta evaluasi sampai kepada tahap pemeliharaan. 

Penerapan project management dapat membantu perusahaan menentukan prioritas dan tujuan dari proyek tersebut. Tidak heran kalau skill ini mulai digeluti di era Metaverse.

6. Skill Cyber Security

Keamanan siber menjadi fokus terpenting dalam era digital. Sejalan dengan adanya kasus Bjorka yang sempat menggemparkan publik, maraknya hacking, pencurian data pribadi, penjualan data pribadi, membuat skill cyber security mulai banyak peminatnya.

Adapun bahasa pemrograman seperti C, C++, Perl, PHP, Java dan Shell dapat membantu ahli cyber security memahami backend suatu sistem.

7. Skill literasi teknologi

Menurut Gita Wirjawan, Mantan Menteri Perdagangan dalam channel Youtube pribadinya mengatakan bahwa kehadiran metaverse mendorong kita untuk membaca lebih.

Kemudahan teknologi membuat banyak orang mudah sekali termakan isu hoaks. Apapun bisa dengan bebas diposting di media sosial tanpa mencari dahulu kebenarannya.

Era metaverse mendorong masyarakatnya untuk lebih cerdas dalam menerima informasi sebelum disebarluaskan kepada orang lain.

Hadirnya teknologi juga harus diiringi dengan kekayaan literasi agar kita menjadi seorang yang mampu bersanding dengan berbagai teknologi baru ke depannya.

Itulah tadi skill yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan diri menghadapi era metaverse. Dengan memiliki skill ini, kamu bisa mencari pekerjaan di dunia digital dengan mudah.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/24/104022171/7-skill-yang-dibutuhkan-era-metaverse-pelajari-sekarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke