Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Karier Sukses? Alumnus UAD: Rencanakan sejak Masa Kuliah

KOMPAS.com - Seorang mahasiswa punya tugas dan kewajiban kuliah dan menyelesaikan masa studi tepat waktu. Setelah lulus maka harus memulai kehidupan di dunia kerja.

Karena itu, mahasiswa juga bisa mulai memikirkan rencana ke depan karier yang terbaik bagi dirinya sehingga nanti dapat tercapai.

Terkait dunia kerja, Pusat Pengembangan Karier Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Seminar Nasional Perencanaan Karier, Senin (31/1/2023).

Sebagai narasumber ialah alumnus UAD sekaligus Rekrutmen Teknik Supervisor Lion Air Group Safara Putri Maharani, S.Psi., M.M.

Adapun seminar di Kampus IV UAD tersebut sebagai salah satu rangkaian dari Dahlan Muda Expo dan Education Fair.

Sekaligus salah satu fasilitas bagi para mahasiswa dalam proses menemukan peluang pendidikan, pelatihan, dan profesional sesuai dengan minat dan tujuan masing-masing.

Menurut Kabid Pusat Pengembangan Karier Bimawa apt. Hendy Ristiono, S.Far., M.P.H., sudah menjadi komitmen bagi pusat pengembangan karier untuk selalu menghadirkan alumni UAD sebagai pembicara dalam berbagai even yang diadakan.

"Tujuannya, tentu untuk bisa memunculkan motivasi dan semangat sekaligus menjadi inspirasi bagi para mahasiswa agar dapat terpacu dalam persiapannya untuk bisa sukses di dalam karier," ujarnya, dikutip dari laman UAD, Selasa (7/2/2023).

Perencanaan karier dimulai sejak masa kuliah

Sementara Safara menjelaskan mengenai pengalaman serta tahapan perencanaan karier yang dilaluinya mulai dari masa perkuliahan hingga akhirnya terjun ke dunia kerja yang formal.

Ketika dia memutuskan untuk berkuliah di universitas swasta, dia berpikir yang terpenting adalah sesuai dengan jurusan yang diinginkan.

"Namun, pada prosesnya, saya sadar bahwa saya harus bisa bersaing dengan teman-teman negeri, oleh karena itu, selama kuliah saya aktif di berbagai organisasi dan mengikuti kegiatan di luar seperti magang dan lain-lain," jelasnya.

Ternyata, dari pengalamannya itu terbukti bermanfaat hingga berhasil membawanya masuk ke salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia.

Di situ, ia juga menjelaskan persiapan untuk terjun ke dunia kerja, mulai dari mengikuti seleksi, tips agar CV dilirik HRD, hingga lolos screening.

Serta pentingnya menentukan timeline, hingga cara mencapai posisi yang diinginkan serta langkah-langkah apa saja yang harus dilalui.

Pada kesempatan itu, dia juga membagikan beberapa persiapan dalam mengikuti seleksi.

Persiapan mengikuti seleksi kerja

1. Riset perusahaan, produk atau jasanya apa.

2. Pastikan tahu betul Job Desc dan Ekspektasi perusahaan terhadap kandidat.

3. Tau Unique Selling Point produk atau jasa perusahaan yang dilamar.

4. Yakin bahwa kamu punya Skill dan pengalaman yang diharapkan untuk posisi tersebut.

5. Tau Strenght-Weakness diri & siap jawab pertanyaan rekruter.

6. Paham bahwa kalau mau menang (dapat kerja), maka harus siap kalah.

7. Siap belajar kalau ada skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

8. Pastikan tidak mem-PHP perekrut.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/07/141700571/ingin-karier-sukses-alumnus-uad-rencanakan-sejak-masa-kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke