Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Referensi SNBP-SNBT 2023

KOMPAS.com - Sebelum kamu memilih jurusan kuliah di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), ada baiknya kamu perlu mempertimbangkan jurusan yang bakal booming di masa depan.

Mengapa booming, karena dunia saat ini sudah memasuki revolusi Industri 4.0 maka banyak perusahaan mencari tenaga kerja yang mengerti bidang teknologi.

Misalnya, data analyst, computer engineer, web design, hingga pekerjaan lain yang berkaitan dengan teknologi.

Menurut Oxford Economics dan AS Cisco, perubahan tersebut bisa menghasilkan 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade berikutnya.

Bahkan dari temuan World Economic Forum dalam Future of Jobs Report 2020, di masa depan akan ada perubahan pola kerja yang terjadi karena tenaga kerja otomatisasi meningkat lebih cepat dari perkiraan.

Hal ini juga menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari.

Lalu, agar tak ketinggalan, kamu harus mencari jurusan yang dibutuhkan banyak pekerjaan di masa depan.

Jurusan kuliah apa yang dibutuhkan di masa depan? Berikut rincian jurusan yang bakal booming di masa depan dirangkum oleh Kompas.com. Sekaligus referensi buat SNBP dan SNBT 2023.

1. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang bakal booming di masa depan adalah jurusan Teknik Informatika.

Mahasiswa jurusan kuliah ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan kuliah ini kamu akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi.

2. Jurusan Teknik Elektro

Kebutuhan ilmu dari jurusan kuliah ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang dan masa depan.

Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin tidak sebaik sekarang. Karena itu, jurusan ini termasuk yang bakal booming di masa depan.

3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga (Unair) yang memiliki jurusan kuliah ini.

Ke depan, jurusan ini bisa booming seiring dengan kebutuhan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di banyak perusahaan. Apakah kamu akan memilih jurusan ini di SNBP atau SNBT 2023?

4. Jurusan Teknik Mesin

Teknologi takkan bergerak dan berkembang jika tak ada lulusan dari Jurusan Teknik Mesin. Karena itu jurusan ini termasuk ke dalam jurusan banyak dicari di masa depan. Kamu bisa memilih jurusan ini di SNBP atau SNBT 2023.

5. Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan.

Jadi, jurusan kuliah ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan kuliah ini banyak diincar.

7. Jurusan Teknologi Informasi

Termasuk jurusan yang tinggi peminat, jurusan ini bisa kamu pilih di SNBP atau SNBT 2023.

Jurusan ini juga bakal booming di masa depan, karena perusahaan membutuhkan lulusan yang paham dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi.

8. Jurusan Matematika

Tak cuma jadi guru atau dosen, lulusan Jurusan Matematika juga banyak dibutuhkan di masa depan. Karena keilmuan mereka dalam menghitung dibutuhkan setiap perusahaan teknologi.

9. Jurusan Statistika

Salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Menjadi data scientist, bisa berasal dari Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa jurusan kuliah ini akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

10. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Kemampuan menyusun strategi seperti itu juga dibutuhkan di instansi pemerintahan dan swasta. Makanya, lulusan jurusan kuliah ini akan terus dibutuhkan dan booming hingga masa depan.

Itulah 10 jurusan kuliah yang bakal booming di masa depan. Dari data ini, mana yang kamu pilih saat SNBP atau SNBT 2023?

https://www.kompas.com/edu/read/2023/02/05/134018971/10-jurusan-yang-bakal-booming-di-masa-depan-referensi-snbp-snbt-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke