Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurusan Bisnis Digital: Ini yang Dipelajari hingga Prospek Kerjanya

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan. Tak heran jika bisnis online juga mulai menjamur di mana-mana.

Jadi, prospek ke depan bisnis online tentu sangat baik. Karena itu, banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan kuliah Bisnis Digital.

Sebenarnya apa itu bisnis digital? Melansir laman Aku Pintar, Jurusan Bisnis Digital mendidik mahasiswa untuk punya pengetahuan tentang perkembangan bisnis dan teknologi informasi.

Adapun fokus utama Jurusan Bisnis Digital ialah pada penggunaan teknologi digital untuk pembelajaran bisnisnya.

Sementara peminatan yang ditawarkan di jurusan ini mencakup Startup, Fintech, E-Commerce, Big Data, dan Artificial Intelligence.

Sedangkan lulusan Bisnis Digital punya keterampilan dan kemampuan untuk menguasai bidang tak hanya e-commerce, namun juga startup digital. Mereka juga disiapkan untuk menguasai big data ataupun artificial intelligence.

Ini yang dipelajari Jurusan Bisnis Digital

Bisnis digital adalah ilmu terapan tentang bagaimana merancang dan mengelola sebuah bisnis, khususnya di dunia digital.

Nantinya, mahasiswa Jurusan Bisnis Digital belajar tentang:

Untuk tugas-tugas kuliah bisa berupa analisis pasar, wawancara pelaku bisnis, bahkan menciptakan startup.

Keuntungan belajar Jurusan Bisnis Digital

1. Tentunya, prospek bisnis digital di Indonesia masih berpeluang untuk terus berkembang lagi.

2. Jika belajar jurusan ini ada fleksibilitas prospek pekerjaan yang memungkinkan kamu untuk menjadi pegawai maupun technopreneur.

3. Bisa mengetahui tentang market bisnis yang kini sudah tidak bisa lepas dari dunia internet memerlukan ilmu yang perlu dipelajari secara utuh.

4. Dengan kuliah di Jurusan Bisnis Digital membuat kamu belajar tentang marketing digital yang jauh lebih efisien daripada cara-cara merketing konvensional.

5. Kuliah di Jurusan Bisnis Digital juga membuat kamu belajar tentang seluk-beluk untuk memulai, merancang, dan menjalankan bisnis online.

Prospek kerja Jurusan Bisnis Digital

Jika kamu lulus dari jurusan ini, maka prospek kerjanya ialah bisa bekerja dan menjalani beragam profesi seperti:

Kemampuan para Sarjana lulusan Jurusan Bisnis Digital dalam beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan dunia bisnis juga membuat mereka mampu menjalankan bisnis rintisan (startup) dalam industri digital.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/11/205700671/jurusan-bisnis-digital--ini-yang-dipelajari-hingga-prospek-kerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke