Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FEB Uhamka dan UMT Angkat Isu "Green Accounting" di Tingkat ASEAN

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (FEB Uhamka) dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) menggelar webinar bertajuk "Internasional Summer Course Green Accounting Implementation to Empower ASEAN Economic Growth".

Webinar internasional ini akan berlangsung pada 15-20 Agustus 2022.

Meita Larasati Kaprodi Akuntansi S1 Uhamka menjelaskan, tahun ini FEB Uhamka bekerja sama dengan FEB UMT. Tema besar yang diusung tahun ini diikuti dengan isu-isu spesifik yang berkaitan dengan green accounting seperti; green industry, carbon tax, ESG (environmental, social, and governance) dan CSR (corporate social responsibility). 

“Peserta summer course ini berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei, India, Nigeria, Thailand, Pakistan, Taiwan, dan lainnya. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi seluruh peserta,” harap Meita.

Dalam kesempatan sama, Prof. Gunawan dalam sambutan mengatakan konsep green (hijau) sudah mulai banyak diterapkan di berbagai sektor, termasuk sektor keuangan. Dalam akuntansi, konsep hijau dikenal dengan istilah green accounting.

Ia juga mengatakan, pada dasarnya green accounting mencoba memasukkan dan menghubungkan faktor biaya lingkungan ke dalam aktivitas perusahaan sehingga kegiatan operasional tidak hanya berfokus pada keuntungan tetapi juga pada pelestarian lingkungan.

“Summer course kali ini tidak hanya menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli di bidang green accounting, tetapi juga mengadakan company visit dari Bank Syariah Indonesia dan PT Pardic Jaya Chemical - Tangerang," ungkap Prof. Gunawan.

"Selain itu, karena acara ini bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, maka kami akan menyajikan beberapa ulasan video terkait hari kemerdekaan dan beberapa budaya yang ada di Indonesia," tambah Rektor Uhamka.

"Saya berharap para peserta summer course baik dari dalam maupun luar negeri dapat memperoleh wawasan baru terkait implementasi green accounting untuk memberdayakan pertumbuhan ekonomi di ASEAN,” pungkas Prof Gunawan.

Selain Rektor Uhamka, webinar internasional ini juga dihadiri oleh Zulpahmi (Dekan FEB Uhamka), Ahmad Amarullah (Rektor UMT), dan Hamdani (Dekan FEB UMT).

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/16/124747471/feb-uhamka-dan-umt-angkat-isu-green-accounting-di-tingkat-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke