Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Herwina Bahar Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Ilmu Pendidikan UMJ

KOMPAS.com - Herwina Bahar dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Acara pengukuhan Prof. Herwina Bahar digelar pada Rabu, 29 Juni 2022 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ.

Prof. Herwina Bahar menjadi guru besar pertama Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen FIP UMJ ini resmi ditetapkan melalui SK Mendikbud Ristek tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen Profesor atau Guru Besar Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UMJ Ma’mun Murod menyampaikan, UMJ bertekad meraih predikat unggul.

Selain itu, Ma’mun juga menyampaikan terkait tugas yang diemban seorang akademisi. Menurutnya seorang akademisi, guru besar, memiliki tantangan besar yakni memadukan kealiman dan kearifan.

“Arif itu menghadirkan kebijaksanaan di dalam proses apapun. Maka sudah menjadi tekad untuk kita semua terutama di kalangan akademis untuk bisa memadukan alim dan arif,” ungkap Ma’mun

Tekad UMJ untuk meraih predikat unggul didukung Prof. Edy Suandi Hamid, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Edy mengatakan prosentase guru besar yang dimiliki UMJ sebesar 2,5 persen dapat menjadi modal untuk meraih unggul dan berdaya saing dan berkemajuan.

Terkait agenda UMJ dalam meraih predikat unggul, Paristiyanti Nurwandanu, Kepala LLDikti Wilayah III, menyampaikan dukungan dan masukan kepad PP Muhammadiyah, khususnya UMJ.

“Kami sangat yakin PP Muhammadiyah sudah menyiapkan strategi dalam rangka meningkatkan SDM di PTMA. Saya yakin Pimpinan UMJ betul-betul mempunyai action plan untuk melakukan reformasi dari gerakan Muhammadiyah ini, bukan hanya sekedar retorika,” tambahnya.

Lebih lanjut, Partistiyanti memberikan dorongan dan dukungan pada calon guru besar UMJ. Ia mengatakan bahwa monitoring akan selalu dilakukan untuk terus mengawal calon guru besar.

Terakhir, Paristiyanti berpesan pada Herwina, “berikan ilmu, keterampilan, dan yang utama adalah teladan untuk generasi penerus.

Pada rangkaian acara tersebut, Herwina dikukuhkan dan menyampaikan Orasi Ilmiah bertajuk "Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Asmaul Husna dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini". Gagasan tersebut yang mengantarkan Herwina meraih gelar Guru Besar.

Dalam gagasan tersebut Herwina mencoba menggunakan Asma’ul Husna (nama-nama Allah) dalam penguatan pendidikan karakter anak. Asmaul Husna dapat menjadi basis yang dikembangkan dalam upaya pembentukan karakter anak usia dini.

Upaya tersebut diharapkan dapat membuat anak memiliki sifat-sifat terpuji.

Menurut Herwina, keberadaan pendidikan diharapkan dapat lebih berorientasi pada nilai-nilai luhur ketuhanan yang diinternalisasikan ke dalam diri anak.

Wanita kelahiran Metro Lampung, 24 Desember 1968 ini mengawali pendidikannya di SDN 1 Metro Pusat dan melanjutkan pendidikannya di Pesantren Persis Bangil, Pasuran, Jawa Timur.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, Herwina menempuh pendidikan akademik di UMJ. Karirnya sebagai dosen dimulai pada 2015 setelah ia meraih predikat lulusan peringkat pertama prodi Pendidikan Agama Islam.

Kemudian Herwina melanjutkan studi magister dengan bidang keilmuan Studi Islam di UMJ.

Herwina kembali menempuh pendidikan untuk program doktor dan berhasil menyelesaikanya dengan predikat cumlaude di Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, pada 2015 silam.

Wanita yang kini menjabat sebagai sekretaris sekolah pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta, tercatat pernah menjadi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ pada tahun 2009-2017. 

Pada 2022, Herwina mengantarkan UMJ meraih peringkat pertama Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah III Program Flagship MBKM.

Kontribusi Herwina dalam bidang Pendidikan Islam diwujudkan dalam banyak jurnal. Gagasan dan pemikirannya memberikan pencerahan di berbagai wilayah dan memantik gerakan-gerakan positif, salah satunya Gerakan Anti Kekerasan pada Perempuan dan Anak. 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/29/190625571/herwina-bahar-dikukuhkan-menjadi-guru-besar-ilmu-pendidikan-umj

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke