Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Kuliah D4? Yuk Intip 21 Prodi Sekolah Vokasi UGM

KOMPAS.com - Menentukan jurusan kuliah itu tidak mudah. Karena harus sesuai dengan minat, bakat serta cita-cita ke depannya nanti. Selain itu, calon mahasiswa juga harus paham apa prospek kerja saat lulus kuliah.

Bagi yang tertarik kuliah D4, tentu harus mengetahui seluk beluknya. Tapi, apa itu D4? Apakah sama dengan S1?

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), di UGM ada Sekolah Vokasi (SV). SV UGM adalah salah satu dari 18 fakultas di UGM yang menyelenggarakan program sarjana terapan.

SV UGM adalah pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik, yang berada di dalam tata kelola Universitas Gadjah Mada (UGM). SV UGM memiliki keunggulan dibandingkan pendidikan tinggi vokasi yang lainnya.

Visi dan misi UGM memberikan karakter pada sistem pembelajaran dengan mekanisme sistem penjaminan mutu internal yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja/industri.

Selain itu, posisi strategis dan potensi SV UGM telah banyak menarik partner kerja sama, baik dari dalam maupun luar negeri.

Keunggulan sekolah vokasi

Sarjana terapan memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki lulusan S1:

1. Mendapat Sertifikat Kompetensi

Ketika lulus, mahasiswa sarjana terapan tidak hanya mendapatkan ijazah saja. Mereka secara langsung juga mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Hal itu pun memberikan nilai tambah mahasiswa sarjana terapan ketika akan mendaftar pekerjaan. Sebab, mereka tidak perlu lagi susah payah mencarinya sendiri.

2. Membuat produk nyata yang dapat dipatenkan

Salah satu syarat kelulusan mahasiswa sarjana terapan ialah salah satu syarat kelulusan mahasiswa sarjana terapan ialah membuat sebuah prototype atau produk baru.

3. Kurikulum 60 persen praktik 40 persen teori

Mahasiswa sarjana terapan dikonsep dengan kemampuannya yang spesifik. Menanggapi hal tersebut, pihaknya pun memang sengaja merancang kurikulum dengan memberikan porsi 60 persen untuk praktikum dan 40 persen teori.

Semua itu dilakukan agar skill mahasiswa dapat mumpuni dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

4. Pengajar dari Praktisi Industri

Supaya menambah keilmuan industri terkini, para praktisi akan dihadirkan sebagai dosen tamu. Dengan begitu, lulusan sarjana terapan pun akan selalu sesuai dengan kondisi terbaru seperti dibutuhkan oleh industri.

Prospek kerja lulusan sarjana terapan

1. Lulus Langsung Kerja: Kemampuan lulusan mahasiswa sarjana terapan sesuai dengan yang dibutuhkan industri.

2. Dirancang Sebagai Manajer: Kompetensi dan skill mahasiswa sarjana terapan mirip dengan lulusan D3. Hanya saja, para penyandang gelar S.Tr tersebut ditambahi kemampuan manajerial dan soft skill yang lebih dari D3.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/06/082640971/tertarik-kuliah-d4-yuk-intip-21-prodi-sekolah-vokasi-ugm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke