Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UNJ Kukuhkan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Keolahragaan

KOMPAS.com – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengukuhkan tiga guru besar terdiri dari dua guru besar Fakultas Ekonomi (FE) dan satu Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Pengukuhan dilaksanakan pada Selasa, 7 Desember 2021 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Guru besar dari FE UNJ yakni Prof. Mohamad Rizan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran dan Prof. Tuty Sariwulan yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen.

Sementara dari FIK, Prof. Ramdan Pelana dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Tes Pengukuran dan Antropometri.

Acara pengukuhan tiga guru besar UNJ ini dilaksanakan secara luring terbatas dengan protokol kesehatan ketat dan secara daring yang disiarkan lewat kanal YouTube Edura TV.

Kesempatan pertama orasi guru besar disampaikan Prof. Mohamad Rizan dalam orasi Ilmiahnya “Digital Marketing: Solusi Strategis dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa di Era Revolusi Industri 4.0".

Tema yang diangkat Prof. Rizan berangkat dari kegelisahan sebagai akademisi sekaligus praktisi digital marketing terhadap semakin ketatnya persaingan bisnis jasa pelayanan di era digitalisasi bisnis saat ini yang berdampak pada daya saing industri jasa pelayanan nasional.

Orasi berikutnya disampaikan Prof. Tuty Sariwulan yang mengangkat tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mengatasi Permasalahan Ketenagakerjaan Dampak Pandemi Covid-19”.

Prof. Wulan menjelaskan pandemi Covid-19 berkepanjangan telah membawa dampak permasalahan ketenagakerjaan.

Melalui orasinya ini, Prof. Wulan menjelaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan sebagai dampak pandemi Covid-19, di antaranya penguatan peran perguruan tinggi dalam menghasilkan SDM berkualitas dan inovasi teknologi sebagai terobosan SDM siap kerja.

Orasi terakhir disampaikan Prof. Ramdan Pelana, dengan tema “Peran Antropometri dalam Pengembangan Prestasi Olahraga di Indonesia”. Menurutnya, peran antropometri sangat penting dalam pengembangan prestasi olahraga, khususnya dalam cabang olahraga petanque.

Ia menyampaikan, diperlukan standarisasi antropometri berbasis sport science bagi atlet petanque, sehingga posisi atlet sebagai seorang pointer, shooter, atau middle dapat diketahui setelah melakukan pengukuran pada dimensi tubuh.

Dalam sambutannya, Prof. Komarudin, Rektor UNJ memberikan ucapan selamat kepada Prof. Mohamad Rizan, Prof. Tuty Sariwulan, dan Prof. Ramdan Pelana atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan.

"Semoga dengan pengukuhan ini dapat memberikan motivasi dan spirit untuk terus berkarya, berkontribusi, memberi manfaat bagi UNJ, masyarakat, bangsa, dan negara," harap Prof. Komarudin.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/07/161852371/unj-kukuhkan-guru-besar-fakultas-ekonomi-dan-fakultas-ilmu-keolahragaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke