Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Universitas Brawijaya Siap Kuliah Tatap Muka Februari 2022

KOMPAS. com - Universitas Brawijaya Malang tengah bersiap menggelar kuliah tatap muka secara hybrid. Rencananya, kuliah ltatap muka akan dimulai bulan Februari mendatang.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 12245/UN10/TU/2021 tentang Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/ 2022.

Rektor UB Prof Nuhfil Hanani mengatakan, saat ini formulir persetujuan untuk mengikuti kuliah tatap muka sudah dikirimkan kepada orang tua mahasiswa. “Jadi nanti yang setuju mengikuti kuliah secara luring (luar jaringan) masuk daftar di akademik,” katanya saat dikonfirmasi.

Ia menyampaikan jika kuota perkuliahan secara tatap-muka maupun secara online tersebut masing-masing sebesar 50 persen.

Selain mendapatkan izin dari orang tua, mahasiswa yang ingin mengikuti kuliah secara luring wajib mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kebijakan itu ditambah menurutnya hampir semua mahasiswa dari luar daerah yang mayoritas sudah berada di Kota Malang.

“Mahasiswa yang sudah vaksinasi 88 persen, itu pun data dua bulan yang lalu. Dari total 72 ribu mahasiswa, mungkin sekarang sudah selesai, nanti kita cek lagi,” katanya.

Dalam perkuliahan tatap muka, seluruh civitas akademika wajib mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Yakni di masing-masing fakultas juga sudah terpasang aplikasi peduli lindungi. Juga terdapat kamera yang mengukur suhu tubuh orang-orang yang akan masuk wilayah kampus.

Sementara, Koordinator Perencanaan, Akademik dan Kerjasama UB Hery Prawoto menambahkan, untuk kuliah tatap muka secara hybrid masih dalam masa persiapan. Rencananya pada Rabu, (1/12/2021) mendatang segenap jajaran petinggi civitas akademika melakukan rapat teknis.

“Kalau ditanya detailnya seperti apa kita masih melihat progres perkembangan kasus Covid-19 di Malang ini ke depan seperti apa. Supaya kita tidak disalahkan, kuliah semester depan kita masih 7 Februari,” katanya.

Namun dia berpesan kepada para orangtua untuk bersiap-siap anaknya kembali ke Kota Malang.

"Tetapi kita tidak pernah memaksa seseorang untuk hadir dan tidak ikut ya monggo, kalau mau daring seterusnya juga tidak apa-apa, tidak ada keputusan yang saklek,” katanya.

Selain itu, pihaknya sudah menyiapkan barcode aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu persiapan kuliah luring di setiap fakultas.

Hingga saat ini perkuliahan di UB masih daring dan mahasiswa yang datang ke kampus rata-rata hanya seperti konsultasi skripsi, praktikum atau ujian dengan menemui dosennya.

Ketentuan kuliah tatap muka

Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022, apabila akan diselenggarakan pembelajaran tatap muka, baik perkuliahan, praktikum, studio, praktik lapangan, maupun bentuk pembelajaran lainnya, perguruan tinggi harus memenuhi ketentuan yang telah sebagai berikut:

1. Perguruan tinggi dapat melaksanakan persiapan kuliah tatap muka namun pembelajaran tatap muka disesuaikan dengan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Perguruan tinggi di wilayah PPKM level 1, level 2, dan level 3 dapat menyelenggarakan kuliah tatap muka.

2. Perguruan tinggi hanya diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan kurikuler melalui pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

3. Perguruan tinggi telah siap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Bersama di atas dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

4. Perguruan tinggi membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di perguruan tinggi untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan.

5. Pemimpin perguruan tinggi menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda, maupun kegiatan lainnya bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi.

6. Tidak ada keberatan dari orang tua/wali bagi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/01/120322771/universitas-brawijaya-siap-kuliah-tatap-muka-februari-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke