Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kini, Asuransi Sinarmas Buka Peluang Kerja bagi Lulusan SMK

KOMPAS.com - Ada kabar baik bagi para lulusan SMK. Kini, PT Asuransi Sinarmas membuka banyak lapangan kerja bagi lulusan SMK di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan melalui sosialisasi yang digelar beberapa waktu lalu oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek bersama PT. Asuransi Sinarmas.

Direktur Mitras DUDI, Saryadi Guyatno, mengatakan, pembangunan ekosistem pendidikan vokasi menjadi salah satu pilar yang dapat menopang pengembangan SDM yang tinggi dan memiliki daya saing.

"Ditjen Pendidikan Vokasi telah membuat berbagai program untuk merevitalisasi SMK," ujar Saryadi seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Kamis (26/8/2021).

Tentu agar pendidikan vokasi mampu menghasilkan lulusan kompeten sesuai tuntutan dari kebutuhan dunia kerja.

Sekolah harus selaraskan kurikulum

Diharapkan, melalui sosialisasi tersebut guru SMK dapat menyerap tuntutan-tuntutan kompetensi baru yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Sehingga, sekolah dapat melakukan penyelarasan kurikulum pembelajaran yang diterapkan di SMK.

"Sebagaimana kita tahu bahwa perubahan dunia kerja itu selalu terjadi setiap saat, entah karena perubahan teknologi atau perubahan lingkungan yang memengaruhi tuntutan kebutuhan kompetensi tenaga kerja," jelasnya.

Kepala Divisi Rekrutmen PT. Asuransi Sinarmas mengungkapkan, pihaknya sebagai pelaku industri membutuhkan talenta yang kompeten.

Untuk itulah PT Asuransi Sinarmas melalui sosialisasi tersebut menyatakan keterbukaannya dalam menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK.

Tentu ini terbuka baik fresh graduate maupun alumni yang sudah dinyatakan lulus pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami sangat terbuka bagi lulusan SMK yang ingin bergabung dengan perusahaan kami. Dari jurusan apa pun dan lulusan kapan pun dipersilakan," kata Amilia.

Adapun lapangan kerja yang dibuka Asuransi Sinarmas tersebut menggunakan sistem mitra, yakni talenta yang lolos seleksi dan dinyatakan diterima menjadi mitra kerja akan mendapatkan training dan guidance dari tim HRD, sehingga dapat melakukan multi-tasking pekerjaan.

Untuk imbal jasa yang akan diberikan disesuaikan dengan produktivitas dari talenta tersebut. Sedangkan pekerjaan yang akan dilakukan telah berbasis aplikasi.

Sehingga tidak ada batasan usia, waktu kerja lebih fleksibel, dan akan ada review kinerja setiap bulannya.

Nantinya, pihaknya juga akan melakukan konfirmasi kepada sekolah-sekolah yang telah bergabung dalam sosialisasi tersebut.

Tentunya ini sebagai bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh PT Asuransi Sinarmas dalam merekrut lulusan SMK yang kompeten dan unggul.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/31/060900671/kini-asuransi-sinarmas-buka-peluang-kerja-bagi-lulusan-smk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke