Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Belajar Bahasa Inggris ala Alumni Unikama

KOMPAS.com - Kemampuan menguasai bahasa asing saat penting saat menapaki dunia kerja. Mempelajari bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris bisa dilakukan semua orang.

Meskipun banyak orang menilai belajar Bahasa Inggris adalah hal yang susah, namun jika dimulai dengan rasa suka, hal itu menjadi mudah dilakukan.

Untuk menambah kemampuan Berbahasa Inggris, kamu bisa mengikuti kursus online atau melalui platform edukasi yang saat ini mudah ditemukan.

Alumni Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Maulana Sigit Putra Handaya membagikan tips lancar Berbahasa Inggris.

Berikut tips dari alumni Unikama yang juga berprofesi sebagai seorang guru ini.

Tips lancar Berbahasa Inggris

1. Harus suka dan jatuh cinta

Menurut Sigit, untuk mempelajari Bahasa Inggris, harus suka dan cinta terhadap Bahasa Inggris.

Apapun itu, kalau melakukan hal yang disukai pasti menyenangkan seperti tidak ada beban. Lama kelamaan akan paham bahwa belajar Bahasa Inggris ini menyenangkan.

2. Harus konsisten

Bagi siapa saja yang mempelajari sesuatu termasuk Bahasa Inggris, jangan setengah-setengah. Harus konsisten hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

"Apa yang kita pelajari itu pasti akan membawa manfaat di masa depan," kata Sigit seperti dikutip dari laman Unikama, Senin (21/6/2021)

3. Harus membangun motivasi

Sigit menambahkan, belajar bisa lewat apa saja tidak hanya buku. Bisa musik, film, video, dan media lainnya.

Sigit mengaku memiliki kebiasaan yang sering dilakukan yaitu menerjemahkan berita untuk melatih speaking. Dari Bahasa Indonesia diterjemahkan ke Bahasa Inggris.

"Ada juga latihan listening saya selalu buka video di akun mountain biking, bahasa yang digunakan aksennya British," terangnya.

Perlu berlatih setiap hari

Sigit menekankan, berlatih setiap harinya itu perlu. Hal ini akan menunjang proses belajar Bahasa Inggris.

Berlatih bisa dari mana saja, sekarang ini banyak sekali media pembelajaran yang bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris.

"Belajar sesuatu juga harus punya komunitas yang mendukung yang memacu kita bekerja lebih keras tentu bisa dengan belajar bersama dengan teman di komunitas tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Inggris Riza Weganofa mengatakan, untuk kuliah di Unikama terutama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tidak harus bisa Berbahasa Inggris.

Arahkan mahasiswa mempunyai Independent Learning 

Mahasiswa akan dibimbing para dosen dan juga didukung dengan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.

"Suasana belajar di Unikama ini sangat suportif baik dosen maupun antar mahasiswa. Tidak bersaing secara kompetitif, tapi mereka saling membantu menciptakan suasana yang saling membantu," kata Riza.

Selain itu, dosen juga mengarahkan mahasiswa mempunyai Independent Learning agar mahasiswa memiliki konsep pembelajarannya sendiri.

"Sehingga, mereka bisa menghasilkan pengalaman belajar yang dimanfaatkan sebagai proses belajar lebih lanjut," tutupnya.

Tips dari Sigit ini disampaikan saat acara talkshow diadakan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama).

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/21/184117471/tips-belajar-bahasa-inggris-ala-alumni-unikama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke