Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persentase Diterima SNMPTN 2021 Tertinggi DIY, Ini Kunci Sukses SMAN 3 Yogya

KOMPAS.com - Pada penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, sebanyak 71 siswa SMAN 3 Yogyakarta lulus dan diterima di PTN.

Dari jumlah itu, tercatat siswa SMAN 3 Yogyakarta persentasenya jadi yang tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Waka Kurikulum SMAN 3 Yogyakarta Drs. Supriyana, MM., MPd., pada SNMPTN 2021 kemarin pihaknya mengikutsertakan 90 siswa.

Tertinggi DIY diterima SNMPTN 2021

Hanya saja, yang lulus seleksi 71 siswa saja. Meski demikian, salah satu sekolah terbaik di Yogyakarta ini patut bangga karena jadi yang terbanyak se-DIY diterima di SNMPTN 2021.

"Informasi dari teman-teman guru BK se-DIY, SMAN 3 Yogyakarta persentasenya sebesar 78,89 persen. Ini jadi yang tertinggi di DIY," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMAN 3 Yogya. Pasalnya, diperingkat dua persentasenya sebesar 63,21 persen.

"Sekolah lain atau yang berada di peringkat kedua persentasenya 63,21 persen. Tentu ini menjadi kebanggaan kami," tuturnya.

Pihaknya, kini juga masih menunggu hasil pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Tetapi di luar dari itu, ada 6 siswanya juga telah diterima di jalur International Undergraduate Program (IUP).

Bahkan ada pula yang diterima di luar negeri. Yakni 1 di Taiwan, dan 1 lagi di Amerika Serikat.

Kunci sukses sekolah

Ternyata, ada kunci sukses dari keberhasilan sekolah tersebut. Yakni ada pendalaman materi khusus untuk program masuk ke perguruan tinggi.

"Selama pandemi ini, kami ada pendalaman materi yang fokus bagi siswa kelas XII. Yakni khusus membahas materi setelah ujian sekolah atau usai tidak ada KBM lagi," terangnya.

"Namanya program Pembelajaran Khusus. Ini seputar UTBK 2021 kemarin. Bahkan materi mengenai seleksi mandiri, jika tidak lulus UTBK SBMPTN 2021," imbuh Supriyana.

Untuk pembelajarannya, guru tiap mata pelajaran membahas materi dan prediksi di UTBK atau ujian seleksi mandiri perguruan tinggi.

Adapun cara atau metode pembelajarannya ialah dibagi per kelas atau perkelompok. Misalnya ada kelas Matematika, Fisika, Kimia dan lain-lain.

Setiap pembelajaran khusus ini siswa bisa ikut 2 kali 45 menit setiap harinya.

Siswa bisa ikut di kelompok mapel lain agar makin paham dengan minat atau jurusan yang ingin didalaminya ketika kuliah di perguruan tinggi nantinya.

"Dengan begitu harapannya, prestasi kami meningkat pada hasil UTBK 2021 nanti. Selain itu, lulusan SMAN 3 Yogyakarta juga siap memberikan yang terbaik bagi sekolah dan Daerah Istimewa Yogyakarta," harapnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/11/113910571/persentase-diterima-snmptn-2021-tertinggi-diy-ini-kunci-sukses-sman-3-yogya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke