Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Undip Optimis 10 Persen Total Dosen Bisa Jadi Guru Besar

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) optimis akan target 10 persen tenaga pengajar (dosen) yang dimiliki berkualifikasi guru besar atau profesor.

Dengan dikukuhkannya 21 guru besar baru hingga pertengahan Juni 2021, maka jumlah guru besar aktif yang dimiliki Undip sebanyak 155 dosen.

"Kami optimis 10 persen dosen Undip jadi guru besar. Kini, Undip punya 1.674 dosen, 773 di antaranya sudah doktor. Kalau 155 dosen sudah profesor, masih ada 600 dosen doktor yang berpeluang jadi guru besar," ucap Rektor Undip Yos Johan Utama, melansir laman Undip, Senin (24/5/2021).

Memang, kata Yos, untuk menjadi profesor syaratnya tidak mudah.

Sebagai gelar dan pengakuan yang diberikan negara, bilang dia, untuk menjadi guru besar seseorang harus berpendidikan minimal S3 (doktor).

Kemudian ada tenggang waktu sudah lulus S3 minimal 3 tahun sebelum mengajukan, serta memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

Persaingan ketat menjadi guru besar

Dia mengaku, ketatnya kriteria yang ditetapkan membuat masih ada beberapa program studi yang masih belum memiliki dosen berkualifikasi guru besar.

Untuk itulah Undip mendorong para dosen dan penelitinya untuk mencapai jenjang akademik tertinggi melalui program One Professor One Candidate (OPOC).

"Program tersebut sudah mulai berbuah, dan kini 155 dari 1.674 dosen atau setara 9,1 persen," jelas dia.

Untuk bisa melewati 10 persen, lanjut dia, setidaknya harus ada 14 guru besar baru.

Dia yakin sebelum akhir tahun ini bisa tercapai mengingat pengajuan calon guru besar yang ada sudah cukup banyak.

"Dan persyaratan sebagian besar sudah memenuhi ketentuan administratif dan teknis yang disyaratkan," jelas dia.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip, Suharnomo mengatakan saat ini saja sudah ada pengajuan 5 guru besar baru dari FEB yang sedang diproses di tingkat fakultas.

Sebagian besar persyaratannya lengkap, kalaupun ada kekurangan tinggal soal teknis saja.

"Lahirnya guru besar-guru besar baru tidak bisa ditahan. Keberadaan guru besar juga penting untuk rekognisi keilmuan," ucap Suharnomo.

Dekan Fakultas Teknik, M Agung Wibowo menegaskan, fakultas yang dipimpinnya saat ini sudah ada 38 guru besar.

Fakultas Teknik Undip menjadi fakultas yang memiliki guru besar terbanyak, khususnya di Departemen Kimia yang saat ini memiliki 17 guru besar.

Agung menyebut atmosfir dan lingkungan kampus yang kondusif menjadi faktor penting lahirnya banyak guru besar di Undip di bawah kepemimpinan Yos Johan Utama sebagai Rektor.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/05/24/172815371/undip-optimis-10-persen-total-dosen-bisa-jadi-guru-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke