Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PJJ Alami Banyak Kendala di Tiap Daerah

KOMPAS.com - Selama masa pandemi Covid-19, program pembelajaran jarak jauh (PJJ) tampaknya masih menjadi sorotan, karena masih munculnya ragam kendala di masing-masing daerah.

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mengatakan, PJJ menjadi sorotan banyak orang, sehingga banyak keluhan dan masukan yang dilontarkan. Dengan tujuan, agar persoalan itu bisa terselesaikan.

"Dalam kunjungan kita ada yang perlu ditindaklanjuti, yakni program PJJ. Hampir rata-rata tiap daerah ini menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan," kata Ferdiansyah melansir laman Vokasi Kemendikbud, Rabu (16/12/2020).

Selain bidang pendidikan, dia juga menyoroti sejumlah aspek yang menjadi bidang dalam tugas pokok dan fungsinya, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif, pemuda olahraga, serta perpustakaan.

Adapun terkait pengembangan pariwisata, tutur Ferdiansyah, pariwisata religi harus bisa lebih dikemas, sehingga harus disempurnakan lebih lanjut.

Sedangkan untuk bidang perpustakaan nasional, yaitu mengenai kunjungan yang sifatnya hybrid, yakni daring dan luring harus disesuaikan dengan komposisi jumlah yang tergantung dari ruangan yang tersedia.

Sekretaris Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Henri Tambunan menegaskan, proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan keputusan 4 menteri yang mengizinkan belajar tatap muka di sekolah untuk zona kuning dan hijau dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Namun demikian, keselamatan siswa adalah yang utama. Adapun untuk zona merah tetap belajar dari rumah atau PJJ," tegas dia.

Adapun untuk perguruan tinggi, tambah Henri, di awal Januari 2021 juga bisa melaksanakan kuliah tatap muka. Namun, harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Selain itu, harus mendapatkan izin dari orang tua. Mereka boleh hadir secara fisik ataupun daring," jelas dia.

Banyak guru pensiun di 2021

Terkait banyaknya guru yang memasuki masa pensiun di 2021. Henri menekankan, Kemendikbud telah menjalankan proses seleksi guru honorer menjadi guru PPPK.

Khususnya, kata Henri, pendidikan vokasi juga banyak guru yang mengalami pensiun di tahun depan.

"Padahal, untuk mendapatkan guru pendidikan vokasi sangatlah sulit," tutup Henri.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/16/155442571/pjj-alami-banyak-kendala-di-tiap-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke