Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapkan Kompetensi Ilmu Data Science untuk Hadapi New Normal

KOMPAS.com - Pengalaman belajar merupakan cara terbaik memperdalam bidang ilmu data science secara maksimal.

Dengan modul dan materi berbasis project yang dapat kamu akses dengan cara belajar online, kamu dapat memperdalam ilmu data science untuk menghadapi penerapan new normal.

Dengan memahami dasar-dasar data science, kamu bisa memiliki gambaran tentang bagaimana penerapan dalam mengolah data di Industri nyata.

DQLab sebagai platform edukasi online berkolaborasi dengan Kevin Stewart, Senior Data Analyst Traveloka, berbagi mengenai profesinya sebagai seorang praktisi data yang menghadapi masa pandemi di era new normal ini, Yuk kita simak bersama!

Menghadapi masa pandemi Covid-19

Dengan adanya masa transisi di masa pandemi ini, pemerintah memutuskan untuk menghadirkan new normal sebagai salah satu keputusan untuk kembali beraktivitas dengan mengikuti protokol yang berlaku.

Pengertian new normal adalah salah satu langkah mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan, ekonomi dan sosial.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana mengimplementasikan new normal dengan mempertimbangkan dari kasus yang ada dengan kesiapan dari peraturan regional.

Disrupsi profesi praktisi data 

Dengan peralihan dari bekerja di kantor kini menjadi belajar di rumah tentunya dengan adanya pandemi Covid-19 traffic dan transaksi yang diperoleh tidak sebanyak sebelum adanya wabah ini.

Dengan demikian scope analisa yang menjadi tugas utama seorang praktisi data tentunya berkurang dibandingkan dengan hari normal.

“Design market research ataupun experimentation juga semakin terbatas karena tren saat ini merupakan tren yang sangat berbeda dibandingkan sebelum pandemi. Sehingga banyak hal yang harus di-adjust dari segi pekerjaan,” ujar Kevin Stewart, Senior Data Analyst Traveloka.

Sebagai seorang praktisi data tentu mereka harus bisa lebih kritis kepada cost optimization dan cost utilization, karena hal itu yang bisa membantu company bertahan melewati pandemi ini.

Bangun skill hadapi era new normal

Untuk menghadapi era new normal, konsistensi untuk terus menambah ilmu juga diperlukan.

Membangun portofolio dan proyek data merupakan poin penting yang bisa kamu dapatkan untuk siap berkarir menjadi praktisi data di era new normal.

Kompetensi bahasa pemrograman seperti Python dan R merupakan hal dasar yang dapat kamu perdalam saat masa pandemi ini.

“Justru di masa begini merupakan masa yang tepat untuk banyak memupuk ilmu yang akan lebih berguna kelak. Jadi motivasi belajar itu sangat penting di masa begini, karena kompetisi di bidang data pun akan lebih kompetitif kedepannya,” tambah Kevin.

Cara produktif tingkatkan kompetensi

Dengan adanya anjuran belajar dirumah, bekerja di rumah hingga beribadah di rumah kini perlahan mulai menerapkan untuk kembali beraktivitas normal.

Ilmu data science pun turut memiliki peran penting dalam menanggulangi wabah ini Covid-19.

Memanfaatkan teknologi machine learning, role data scientist berhasil mengumpulkan data-data yang bisa memprediksi bagaimana persebaran virus Covid-19 untuk kedepannya.

Praktisi data pun berperan penting dalam masa pademi ini dan penerapannya untuk menghadapi new normal.

Bersama platform edukasi online DQLab, kamu bisa mempersiapkan kompetensi ilmu datamu dengan mengakses modul dan materi berbasis project yang tersedia.

Di sini kamu akan mengerjakan studi kasus yang dapat diterapkan langsung bersama para praktisi di Industri data.

Dengan menggunakan riil case dataset ini, kamu akan dengan mudah memahami berbagai tipe data, kompleksitas, dan kasus-kasus data yang sering terjadi di Industri data sehingga kamu akan lebih siap untuk menghadapi industri data di era new normal sekarang ini.

Terapkan ilmu data science

Hadapi era new normal dengan persiapkan dirimu belajar ilmu Data Science.

Dengan belajar ilmu data science kamu dapat menghasilkan suatu prediksi untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Banyak tersedia platform belajar data science seperti Coursera, Udemy, dan DQLab.

Kamu bisa lho praktek langsung dengan live code editor bersama DQLab tanpa harus ribet instalasi terlebih dahulu.

Wujudkan harapanmu berkarir sebagai praktisi data bersama DQLab dan nikmati penawaran menarik yang tersedia untuk tetap produktif di era new normal ini. Untuk info selengkapnya bisa cek disini.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/20/212506271/persiapkan-kompetensi-ilmu-data-science-untuk-hadapi-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke