Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Simpan Emosi Negatif, Apa Saja Binatang yang Menyimpan Dendam?

Kompas.com - 30/04/2022, 20:39 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Perlakuan manusia terhadap binatang ternyata bisa berbalik, termasuk adakah binatang yang bisa membalas dendam atau tidak.

Beberapa ilmuwan meyakini bahwa binatang juga bisa menyimpan emosi negatif seperti kemarahan dan dendam. Sebab, binatang pun bisa menyimpan emosi positif dalam hubungannya dengan manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan berulang kali mendapatkan kesimpulan bahwa burung gagak bisa menyimpan dendam. Bahkan burung gagak bisa menceritakan dendamnya ini kepada populasi di habitatnya.

Selain burung gagak, ada pula beberapa jenis binatang lain yang juga bisa menyimpan sakit hati dan dendam.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah binatang-binatang yang sudah diteliti bisa menyimpan dendam dalam ingatannya:

 Baca juga: Daftar 8 Negara yang Paling Peduli Satwa, Bagaimana dengan Indonesia?

1. Unta

Unta terkenal sebagai binatang yang tak bisa memaafkan dan tak bisa melupakan. Menyakiti unta sama saja dengan membahayakan nyawa.

Seorang pemilik unta di India suatu ketika melupakan salah seekor untanya terikat di luar kandang di bawah terpaan sinar matahari sepanjang hari.

Ketika Urjaram, sang pemilik unta, kembali di malam harinya untuk melepas ikatan yang ada, si unta sudah terlanjur marah dan menggigit kepala Urjaram hingga tewas.

Penduduk sekitar membutuhkan waktu selama 6 jam untuk menenangkan unta yang marah tersebut.

2. Burung gagak

Melansir Evening Standard, studi tahun 2011 menyibak fakta bahwa burung gagak bisa mengingat wajah manusia yang pernah menangkap, mengurungnya dan mungkin juga menyakitinya.

Penelitian lain yang diterbitkan di jurnal Animal Behaviour menyatakan bahwa burung gagak dan spesies sejenisnya bisa menyimpan dendam selama dua tahun lamanya.

Sedangkan peneliti Universitas Lund di Swedia dan Universitas Vienna mencermati perilaku burung gagak yang diberi makan oleh dua grup manusia, yaitu pelatih atau pawang yang memberi makan dengan adil dan pawang yang memberi makan secara tak adil.

Pawang yang tak adil akan menyodorkan remahan roti kepada burung gagak. Di kali kedua, pawang tersebut akan memakan sendiri remahan rotinya ketimbang memberikannya kepada burung gagak.

Dalam studi tersebut peneliti mendapatkan fakta bahwa jika diberi pilihan, burung gagak akan mendekati pawang yang adil daripada pawang yang bersikap tak adil.

 Baca juga: 7 Hewan yang Terbukti Cerdas, dari Gagak hingga Gurita

3. Harimau

Menyakiti harimau Siberia sama saja dengan menantang bahaya. Karena harimau yang bisa tumbuh hingga seberat 225 kilogram ini bisa menyimpan dendam terhadap makhluk lain termasuk manusia yang pernah menyakitinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com