Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Naik Kereta Api dengan Membawa Hewan Peliharaan Saat Mudik

Kompas.com - 23/04/2022, 11:11 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com – Anda berencana mudik Lebaran 2022 dengan membawa hewan peliharaan kesayangan? Jasa pengiriman hewan peliharaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI bisa jadi pertimbangan.

Melalui layanan pengangkutan hewan peliharaan PT KA Logistik (KALOG), masyarakat bisa berangkat mudik dengan kucing maupun anjing kesayangan dengan angkutan kereta api.

Hal ini tentu mengurangi kekhawatiran meninggalkan hewan peliharaan kesayangan selama bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman.

“Untuk pengiriman hewan menggunakan perhitungan volumetrik kandang di satuan centimeter (cm) panjang, lebar, dan tinggi per 4000. Hasilnya akan menjadi total timbangan,” kata Customer Service PT KALOG ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Adapun informasi pengiriman hewan peliharaan dijelaskan lewat akun Instagram resminya, yakni @kalogistics.

Baca juga: Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik?

Batas waktu pengiriman hewan peliharaan

Kendati demikian, pihak PT KALOG melalui Customer Service-nya mengatakan, batas waktu pengiriman hewan peliharaan menggunakan KAI Logistik Express adalah Sabtu (23/4/2022).

“Pengiriman KA barang batas waktu terakhir pengiriman di tanggal 23 April 2022, sehingga jadwal pengiriman akan tersedia kembali di tanggal 11 Mei 2022,” ujar mereka.

Untuk pengiriman hewan peliharaan di luar periode 23 April-11 Mei 2022, mereka beroperasi pada Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00 WIB dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Membawa Anjing dan Kucing Peliharaan Saat Mudik

Menghitung biaya pengangkutan hewan peliharaan

Sebelum mengetahui biaya pengangkutan hewan peliharaan, Anda perlu menginformasikan terlebih dulu kota keberangkatan dan kota tujuan pengiriman.

Sebagai gambaran, untuk pengiriman dari Jakarta ke Semarang, estimasi biaya pengiriman hewan peliharaan terhitung dari 1-10 kilogram (kg) pertama, yakni Rp 100.000.

Lalu, untuk 1 kg berikutnya adalah Rp 4.000. Pengiriman hewan peliharaan ini dinamakan Service Station to Station.

“Layanan pengiriman KAI Logistik Express dengan Service Station to Station yaitu pengiriman dan penerimaan langsung terdapat di kantor KAI Logistik Express, sesuai dengan jadwal operasionalnya,” jelas pihak PT KALOG.

Ketika Anda memberi informasi seputar kota keberangkatan dan tujuan pengiriman, pihak PT KALOG akan menginformasikan alamat, jadwal operasional, dan deretan nomor pekerja di gudang yang dapat dikontak untuk informasi lebih lanjut.

Melalui nomor yang diberikan, Anda bisa meminta informasi terkait rincian ketersediaan ruang di KA dan jadwal keberangkatan hewan peliharaan.

Sebab, hewan peliharaan akan dikirim pada jadwal yang ditentukan oleh PT KALOG. Dengan demikian, Anda perlu mengontak mereka supaya bisa menyesuaikan tanggal dan jam keberangkatan kereta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com