Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Iblis Merah Muncul di Danau Toba, Ancaman bagi Hewan Lain

Kompas.com - 30/04/2022, 10:05 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Ikan iblis atau red devil fish baru-baru ini muncul di Danau Toba, hewan ini menyerang ikan endemik di danau tersebut.

Kondisi ini menjadi ancaman serius karena adanya predator asing di perairan lokal.

Menurut Dosen Prodi Akuakultur SIKIA Banyuwangi Universitas Airlangga (Unair) Darmawan Setia Budi, ikan iblis yang memiliki nama latin Cichlasoma labiatum.

Ikan ini bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari Danau Managua dan Danau Nikaragua di Amerika Tengah.

Awal keberadaannya di Indonesia, karena ikan ini diperkenalkan sebagai ikan hias akuarium. Sehingga marak dibudidayakan oleh masyarakat.

“Ikan ini dikenal sebagai ikan predator, karena termasuk golongan ikan karnivora dan memiliki kebiasaan memakan hewan-hewan yang lebih kecil,” ungkapnya, dilansir dari laman Unair.

Penyebab ikan iblis merah muncul di Danau Toba

Baca juga: Dosen Unair: Ikan Iblis di Danau Toba Resahkan Masyarakat, Ini Upayanya

Munculnya ikan ini di perairan umum Indonesia seperti Danau Toba, kemungkinan disebabkan karena lemahnya pemahaman masyarakat yang memelihara atau membudidayakan ikan itu sebagai ikan hias.

Terdapat beberapa masyarakat yang memang tidak sengaja melepaskan ikan tersebut, bahkan ada yang sengaja melepas liarkannya.

Ikan iblis apabila dilepas liarkan di perairan umum akan berdampak pada populasi spesies endemik yang ada di perairan tersebut.

“Sebagai ikan yang bersifat predator, ikan iblis akan memangsa ikan yang lebih kecil yang sebagian besar mangsanya tersebut bisa jadi adalah benih-benih ikan endemik asli perairan tersebut,” jelasnya.

Di sisi lain, ikan iblis memiliki kemampuan berkembang biak yang cukup besar, sehingga pertumbuhan populasi ikan tersebut sangat pesat.

Maka dari itu, ikan iblis bisa disebut sebagai ikan invasif yang membuat populasinya lebih dominan dibanding ikan asli Danau Toba.

“Hal ini tentunya menjadi ancaman yang sangat serius terhadap kelestarian spesies endemik di sana,” tuturnya.

Cara cegah dan menanggulangi ikan iblis merah

Baca juga: Muncul Ikan Iblis Merah di Danau Toba, Ini Kata Dosen Unair

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi adanya ikan iblis di suatu ekosistem perairan tertentu.

Menurut Darmawan langkah pertama adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai akibat pelepasliaran spesies asing di perairan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com