Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Capai Ratusan Juta

Kompas.com - 23/04/2022, 11:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa sekolah termahal di Indonesia yang biayanya mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Bagi orang-orang yang percaya bahwa harga mahal akan sebanding dengan kualitas yang diberikan tentu sekolah-sekolah termahal di Indonesia ini menjadi pilihan terbaik.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (15/4/2022), berikut ini 5 sekolah termahal di Indonesia:

1. Global Jaya School

Global Jaya School yang berada di Tangerang Selatan, Banten, ini memiliki jenjang sekolah mulai dari TK-A hingga IB Diploma (setara SMA).

Dilansir dari website Global Jaya School melalui KOMPAS.com, saat ini terdapat lebih dari 600 siswa yang menempuh pendidikan di salah satu sekolah termahal di Indonesia tersebut.

Baca juga: Syarat dan Alur Pendaftaran STIN, Sekolah Kedinasan di Bawah BIN

Sekolah yang dibangun oleh Jaya Group milik Ciputra ini memiliki fasilitas berstandar internasional, seperti lapangan tenis, sepak bola, basket, gym, dan arena teater yang sangat luas.

Fasilitas tersebut tentu bisa dinikmati dengan harga yang cukup tinggi. Biaya pengembangan di sekolah tersebut mencapai Rp 23 juta, yang dibayar per tahun, sedangkan SPP Global Jaya School senilai Rp 63,8 juta hingga Rp 149,6 juta setiap tahun.

2. SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School)

Sekolah yang terletak di Bogor, Jawa Barat, ini berkonsep islamic school atau asrama pesantren. SMA Dwiwarna menyediakan fasilitas asrama yang nyaman dengan setiap ruangan full AC dan furnitur yang modern.

Sarana olahraga seperti lapangan basket, futsal, hingga area memanah juga dapat dinikmati oleh para siswa.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di SMA Dwiwarna terdiri dari uang pangkal yang mencapai Rp 60 juta, uang seragam dan buku paket senilai RP 4,5 juta, dan SPP tiap bulan sebesar Rp 6,5 juta.

Baca juga: Beasiswa Sekolah Pascasarjana Unair, Ada 10 Beasiswa S2-S3

3. New Zealand School Jakarta

Sekolah berbasis internasional yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan, ini memiliki jenjang pendidikan mulai usia 18 bulan (pre-school) hingga 15 tahun (grade 9).

New Zealand School Jakarta menyediakan berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan seni seperti melukis, paduan suara, dan musik, serta kegiatan-kegiatan olahraga.

Setiap siswa juga bisa menggunakan fasilitas bus sekolah dan meal plan atau katering di sekolah.

New Zealand School mematok harga yang tinggi untuk biaya SPP per semester. Biaya playgroup sebesar Rp 53,3 juta, TK senilai Rp 93,3 juta, SD sebesar Rp 210 juta, dan jenjang SMP mencapai Rp 215 juta.

4. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekolah ini menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations.

Baca juga: Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022, UI-UGM Teratas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com