Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Universitas dengan Bidang Humaniora Terbaik di Asia Tenggara

Kompas.com - 14/11/2021, 11:25 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) telah merilis daftar universitas dengan bidang humaniora terbaik di dunia tahun 2022 pada November ini.

Uniknya, sejumlah universitas berbasis teknologi masuk ke dalam daftar tersebut meskipun penilaian dilakukan untuk bidang humaniora.

Selain itu, 22 universitas di antara seluruh kampus yang masuk dalam penilaian berhasil meraih skor yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini, Stanford University berhasil duduk di peringkat pertama, disusul oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan University of Cambridge.

Sementara itu, Peking University, China, mencatatkan namanya sebagai universitas dengan bidang humaniora terbaik di Asia karena berhasil mencapai peringkat 23 di dunia. Posisi selanjutnya disusul University of Hong Kong yang menempati peringkat 32 di dunia.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan MIPA Terbaik di Indonesia 2022

Sementara itu, terdapat 8 universitas di Asia Tenggara yang termasuk dalam daftar kampus dengan bidang humaniora terbaik di dunia dari 606 universitas.

Dua universitas dari Singapura berhasil meraih peringkat tertinggi di Asia Tenggara, yakni Nasional University dan Nanyang Technologi University.

Sedangkan dari Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya perwakilan yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut dengan menduduki posisi 5 di Asia Tenggara atau peringkat 301-400 di dunia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (11/11/2021), berikut ini 8 universitas dengan bidang humaniora terbaik di Asia Tenggara tahun 2022 versi THE WUR:

Baca juga: Beasiswa S2 dan S3 di Universitas Cambridge dari Bill Gates Tanpa Batas Umur, Tertarik?

1. Nasional University of Singapore (34)

2. Nanyang Technological University (101-125)

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (251-300)

4. University of Malaya (251-300)

5. Universitas Indonesia (301-400)

6. Universiti Putra Malaysia (301-400)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com