Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Dhony Rahajoe, Mantan Petinggi Sinarmas Land yang Jadi Wakil Kepala Otorita IKN

Kompas.com - 12/03/2022, 11:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik Dhony Rahajoe menjadi Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dhony dilantik bersama dengan Bambang Susantono yang ditunjuk menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Pelantikan keduanya berlangsung di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). Bambang dan Dhony akan menjabat sebagai Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN untuk masa jabatan 2022-2027.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong menjelaskan, pengalaman dan keahlian menjadi pertimbangan Presiden Jokowi memilih keduanya untuk memimpin Otorita IKN Nusantara.

Baca juga: Mengenal Dhony Rahajoe, Sosok Calon Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara

"Kalau lihat pengalamannya, mereka kombinasi yang cukup baik dari segi profesionalisme," ujar Wandy saat dikonfirmasi pada Kamis (10/3/2022).

"Pak Bambang punya keahlian di bidang transportasi, infrastruktur dan perhubungan. Lalu punya pengalaman di bidang manajemen dan lembaga internasional. Belum lagi pengalaman di pemerintahan," jelasnya.

Sementara Dhony, berpengalaman dalam pengelolaan Kota Satelit Bumi Serpong Damai (BSD) City. Wandy menyebut Dhony boleh dibilang cukup sukses dalam kinerjanya.

Managing Director Presiden Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe, di sela gathering media di Semarang, Kamis (6/9/2018).KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Managing Director Presiden Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe, di sela gathering media di Semarang, Kamis (6/9/2018).

Profil Dhony Rahajoe, berkarier di Sinarmas Land

Sebelum ditunjuk menjadi Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony memiliki pengalaman panjang di Sinarmas Land, perusahaan pengembang ternama yang juga membangun kota mandiri, BSD City.

Jabatan terakhirnya di Sinarmas Land adalah sebagai Managing Director President Office. Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (10/3/2022) yang mengutip situs blog pribadi Dhony, ia merupakan lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) 1984. Dia juga tergabung dalam ikatan alumni bernama AR84.

Baca juga: Cerita Dhony Rahajoe Diminta Jadi Wakil Kepala Otorita IKN Sehari Sebelum Dilantik

Selepas lulus dari bangku kuliah, Dhony langsung memulai kariernya di PT Bumi Serpong Damai Tbk, yang merupakan bagian dari Sinarmas Land.

BSD City memang menjadi salah satu kawasan rujukan dalam pembangungan IKN Nusantara. Hal itu terlihat dari beberapa kali pemerintah mengunjungi BSD City yang terletak di kawasan Tangerang Selatan ini.

BSD City menjadi rujukan karena dinilai telah memenuhi konsep pembangunan yang akan diterapkan di IKN Nusantara seperti smart city, green city, sustainabality, hingga sistem keamanan kawasan. Bahkan Presiden Jokowi juga turut serta langsung dalam kunjungan kerja tersebut. Tepatnya pada 24 Desember 2021 lalu.

Kala itu, Jokowi hadir bersama Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Banten Wahidin Halim serta Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Baca juga: Tunjuk Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Pimpin IKN, Jokowi: Sebuah Pemilihan Kombinasi yang Sangat Baik

Sementara salah satu perwakilan dari Sinarmas Land yang mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja tersebut ialah Dhony Rahajoe.

Dhony mengaku baru diminta menjadi Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara sehari sebelum pelantikan, yakni pada Rabu (9/3/2022).

"Baru kemarin hari Rabu itu ada perintah yang diminta saya untuk membantu menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara," ujar Dhony saat memberikan keterangan pers di Istana Negara, Kamis (10/3/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com