Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Ada Anak 2 Tahun Dapat Hadiah Pesawat Beneran, Dipantau Pajaknya

Kompas.com - 12/03/2022, 08:30 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, saat ini banyak warga yang kaya hingga anak usia 2 tahun mendapat hadiah pesawat asli.

pemerintah akan memastikan bahwa orang-orang kaya yang sering pamer kekayaannya di media sosial sudah membayar pajak sesuai dengan ketentuan berlaku.

Sri mengatakan, untuk memastikan orang-orang kaya yang pamer itu membayar kewajiban pajak, pihaknya melalui Direktorat Pajak akan selalu melakukan pemantauan.

Ia menilai, saat ini masyaraka Indonesia sering memamerkan kekayaannya di media sosial. Mulai dari saldo rekening, hadiah mewah, hingga menerima fasilitas negara.

Baca juga: Ditjen Pajak Kejar Orang yang Pamer Harta di Medsos, Langsung Didatangi Petugas

Bahkan, kata Sri, ada seorang anak berusia 2 tahun sudah mendapatkan hadiah berupa pesawat beneran.

"Sekarang ini ada juga kan di media sosial anak-anak yang baru berumur 2 tahun sudah dikasih hadiah pesawat, bukan pesawat-pesawatan ya, tapi pesawat beneran sama orangtuanya," kata Sri dalam sosialisasi UU HPP, Kamis (10/3/2022).

Selain itu, lanjut Sri, ada pula crazy rich yang mendapat fasilitas dari perusahaannya. Hal itu disebutnya luar biasa.

"Itulah yang sekarang dimasukkan dalam perhitungan perpajakan, itu yang disebut aspek keadilan," kata Bendahara Negara itu.

Ia mengatakan, Ditjen Pajak memiliki data lengkap soal keuangan wajib pajak. Sebab, Ditjen Pajak sudah bisa mengakses data dan informasi keuangan dan non keuangan semua lembaga.

Indonesia juga sudah masuk ke sistem pertukaran data perpajakan atau Automatic Exchange of Information (AEoI) antarnegara.

Baca juga: Sri Mulyani: Kami Senang Ada yang Pamer Harta di Medsos, Langsung Petugas Pajak Datang

Dengan demikian, kata Sri Mulyani, jangankan yang pamer, orang yang tidak pamer pun akan diketahui informasi tentang pajaknya.

"Jadi yang enggak pamer (harta) saja bisa diketahui, apalagi yang pamer," katanya. (Penulis: Yohana Artha Uly | Editor: Aprillia Ika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com