Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Konglomerat yang Dikabarkan Tertarik Membeli Chelsea

Kompas.com - 05/03/2022, 22:27 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Konglomerat asal Rusia sekaligus pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich, mengambil keputusan bersejarah pada Rabu (2/3/2022).

Melalui pernyataan yang dirilis di situs resmi Chelsea, Roman Abramovich menyatakan akan menjual klub yang telah dimilikinya sejak tahun 2003 itu.

Hal itu ia sebut sebagai keputusan yang sangat sulit dan menyakitkan. Tak hanya itu, Abramovich menyebut bahwa dirinya akan memakai semua profit dari penjualan Chelsea demi membantu korban perang di Ukraina.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, Orang Berduit Ramai-ramai Berebut Legit-nya Chelsea

Penjualan Chelsea oleh Abramovich ini memang dikaitkan dengan serangan yang dilakukan Rusia ke Ukraina. Adanya invasi Rusia ke Ukraina membuat Inggris menyasar bankir, pebisnis, bahkan konglomerat asal Rusia yang membenamkan duit mereka di Inggris.

Meski begitu, hingga kini, belum ada informasi yang mengonfirmasi bahwa pemerintah Inggris bakal menjatuhkan sanksi ke Abramovich.

Pemilik Chelsea Roman Abramovich tersenyum saat mengangkat trofi Liga Champions bersama kapten Cesar Azpilicueta.AFP/MICHAEL STEELE Pemilik Chelsea Roman Abramovich tersenyum saat mengangkat trofi Liga Champions bersama kapten Cesar Azpilicueta.

Menjadi pemilik Chelsea sejak tahun 2003, Abramovich sukses menghadirkan berbagai gelar bergengsi bagi klub asal London tersebut, termasuk di antaranya 2 gelar Champions League dan 5 gelar Premier League.

Kesuksesan dan nama besar Chelsea saat ini mengundang ketertarikan orang-orang kaya untuk menjadi calon pembeli klub itu. Sejauh ini, sudah ada tiga nama taipan yang diisukan tertarik untuk menjadi pemilik baru klub berjuluk “The Blues” itu. Siapa saja? Berikut daftarnya.

Pengusaha yang tertarik membeli Chelsea

1. Hansjorg Wyss

Nama pertama yang dikabarkan tertarik membeli Chelsea dari Abramovich adalah Hansjoerg Wyss. Lahir pada 19 September 1935, Hansjorg Wyss merupakan miliarder asal Swiss.

Pada 2022, Forbes merangkum kekayaan bersih Wyss diperkirakan mencapai 5,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 73,3 triliun.

Baca juga: Harus Jual Cepat, Roman Abramovich Bisa Lepas Chelsea Lebih Murah

Wyss merupakan pendiri Synthes, perusahaan yang memproduksi alat-alat medis dan juga produsen materi implan terbesar di dunia untuk memperbaiki patah tulang.

Pada 2012, Wyss menjual Synthes ke perusahan multinasional farmasi Johnson and Johnson, senilai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 287,5 triliun. Setelah Synthes dijual inilah kekayaan Wyss semakin meroket.

Wyss mengaku ia bersama tiga orang lain mendapat tawaran untuk membeli Chelsea dari Abramovich.

"Sama seperti oligarki lainnya, Abramovich sedang panik. Dia ingin menjual semua asetnya di Inggris," ujar Wyss dikutip Kompas.com, Kamis (3/3/2022).

Namun, sampai sekarang, Wyss masih belum mengetahui berapa harga jual Chelsea yang ditawarkan Abramovich.

Profil Hansjorg Wyss, miliarder Swiss yang disebut-sebut akan menjadi bos baru Chelsea setelah Roman AbramovicWikimedia Commons Profil Hansjorg Wyss, miliarder Swiss yang disebut-sebut akan menjadi bos baru Chelsea setelah Roman Abramovic

2. Muhsin Bayrak

Selanjutnya ada nama Muhsin Bayrak. Ia merupakan orang kaya asal Turki pemilik AB Group Holding, sebuah konglomerasi yang bergerak di bidang konstruksi, energi, teknologi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com