Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini 2 Penyakit yang Bisa Membuat Orang Seperti "Zombi"

Kompas.com - 06/02/2022, 16:47 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kisah zombi di banyak film maupun serial televisi merupakan kisah fiksi.

Namun ahli menyebutkan bahwa memang ada penyakit yang bisa membuat orang bertingkah seperti "zombi".

Seperti yang digambarkan dalam adegan-adegan di serial orisinal Netflix asal Korea Selatan, All of Us Are Dead beberapa waktu lalu, zombi diceritakan memiliki tubuh yang berbau busuk seperti mayat.

Zombi yang digambarkan pun sudah hilang kewarasannya untuk berpikir jernih, tubuh mereka kaku bahkan cenderung seolah patah, pergerakannya relatif lambat, matanya merah dan tidak bisa melihat dengan jelas, serta selalu lapar dan sensitif mengejar manusia.

Meskipun, zombi yang dikonsepsikan sebagai mayat hidup tidak diakui keasliannya oleh banyak ahli.

Baca juga: Benarkah Zombi Itu Ada Seperti Drama Korea All of Us Are Dead?

Tetapi, ternyata secara medis ada dua penyakit yang berasal dari masalah di saraf otak yang membuat orang hidup bertingkah seperti zombi.

Seorang ahli neuropatologi di Universitas Boston dan seorang penasihat Zombie Reasearch Society, Peter Cummings mengatakan, seseorang memang bisa berkeliaran dengan gaya berjalan terseok-seok, katatonik (sindrom ketidakmampuan bergerak normal), dan terfokus hanya pada satu hal yakni makanan, seperti momok zombi yang selama ini ada di film atau serial televisi.

Namun, Cummings menegaskan, hal itu tidak berlaku atau tidak bisa terjadi pada mayat.

Dilansir dari Globalnews edisi 28 October 2016, Ia menyebutkan, memang ada beberapa penyakit yang membuat korbannya memiliki sifat seperti zombie, tapi penyakit itu tidak bisa mengubah seseorang yang sudah mati atau sudah jadi mayat kemudian berperilaku seperti zombi.

Adapun, dua penyakit pada otak yang mampu menyebabkan keadaan seperti zombi ini terjadi adalah Sindrom Kluver-Bucy dan Penyakit ensefalitis lethargica.

1. Sindrom Kluver-Bucy 

Penyakit yang pertama bisa membuat orang hidup berperilaku seperti zombi adalah sindrom Kluver-Bucy.

Sindrom Kluver-Bucy atau Kluver-Bucy Syndrome (KBS) adalah gangguan neuropsikiatri langka karena lesi yang mempengaruhi lobus temporal bilateral, terutama hipokampus dan amigdala.

"Ya, ada hal seperti itu, jika seseorang melihat seseorang yang menderita penyakit ini, mungkin akan membuat Anda berpikir bahwa kiamat zombi sudah dekat," kata Cummings.

"(Penyakit) itu memiliki banyak hal aneh," tambahnya.

Baca juga: Serial Zombi All of Us Are Dead, Ini 2 Penyakit Bisa Sebabkan Orang Hidup Bertingkah seperti Zombi

Keanehan-keanehan yang bisa terjadi di antaranya yakni, ada hiperoralitas atau keinginan untuk memasukkan benda yang tidak pantas ke dalam mulut Anda, ketidakmampuan untuk mengenali objek, keteralihan perhatian dan demensia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com