Sosok Simon Leviev, Penipu Ulung dalam Film ‘The Tinder Swindler’

Kompas.com - 06/02/2022, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Nama Simon Leviev kini tengah menjadi perbincangan. Terutama setelah film dokumenter yang berjudul ‘The Tinder Swindler’ tayang di Netflix sejak Rabu (2/2/2022).

The Tinder Swindler’ merupakan karya sutradara Felicity Morris yang juga memproduseri serial Don't F**k with Cats: Hunting an Internet Killer, yang memenangkan penghargaan di Emmy Awards.

Dokumenter ‘The Tinder Swindler’ bercerita tentang seorang penipu ulung yang berhasil menjerat korbannya dengan menggunakan Tinder, sebuah aplikasi kencan yang cukup populer dan banyak digunakan.

Baca juga: Sinopsis The Tinder Swindler, Kisah Nyata Penipu Ulung pada Aplikasi Tinder

Dalam film tersebut, disebutkan bahwa si penipu berhasil meraup hasil hingga sekitar 10 juta dolar atau setara dengan Rp143,7 miliar.

Salah satu identitas yang digunakan oleh penipu tersebut adalah Simon Leviev. Lalu bagaimana kisahnya?

Siapa Simon Leviev?

Seperti diberitakan Kompas.com yang melansir Deseret News (4/2/2022), Simon Leviev bernama asli Shimon Hayut. Ia merupakan pria berusia 31 tahun yang berasal dari Bnei Brak, Israel.

Leviev menipu para korbannya dengan cara mengaku sebagai putra dari miliarder Israel, yang juga dikenal sebagai ‘Raja Berlian’, Lev Leviev.

Tak hanya itu, untuk melancarkan aksinya, Leviev ‘si penipu’ ini juga mengaku sebagai CEO dari LLD Diamonds, perusahaan pemasok berlian.

Leviev kemudian memanfaatkan aplikasi Tinder untuk menjerat korban-korbannya. Agar terlihat meyakinkan, Leviev kerap memamerkan gaya hidupnya yang mewah.

Baca juga: Kisah Simon Leviev, Mengaku Crazy Rich Israel, Menipu Banyak Wanita Lewat Tinder

Ia tidak segan untuk menghabiskan uang dalam jumlah yang tak sedikit untuk membeli makanan mewah, travelling, berbelanja barang mahal, dan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.