Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

Kompas.com - 16/01/2022, 07:02 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com- Selain menghemat waktu, sebagian besar orang memilih mencuci dengan mesin cuci karena tidak menguras tenaga, terlebih untuk membersihkan cucian yang sudah setumpuk banyaknya.

Namun, tahukah Anda meskipun Anda sedang malas mencuci dengan tangan secara langsung dan lebih memilih menggunakan mesin cuci untuk semua pakaian kotor di rumah Anda, tetapi perlu diketahui tidak semua jenis pakaian ternyata boleh dicuci dengan mesin cuci.

Berikut beberapa jenis pakaian yang mungkin merupakan pakaian favorit Anda yang perlu diwaspadai jangan sampai dicuci dengan mesin cuci agar tetap dalam kondisi baik.

Melansir dari Martha Stewart, Sabtu (15/1/2022), ahli perawatan pakaian Gwen Whiting dan Lindsey Boyd dari The Laundress menjelaskan jenis pakaian dan bahan yang tidak boleh dicuci di mesin cuci dan bagaimana pakaian tersebut harus dicuci.

Baca juga: 6 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

1. Bahan kasmir dan wol

Menempatkan jaket dan kardigan favorit Anda ke dalam mesin cuci bisa menjadi halangan yang berisiko dan penyusutan adalah hasil umum saat kasmir dan wol dicuci dengan cara ini.

Whiting dan Boyd merekomendasikan untuk mencuci barang-barang ini dengan tangan untuk menghindari risiko sobek dan cacat.

Untuk mencuci, isi wastafel, bak mandi, atau baskom dengan air dan tambahkan pembersih lembut, rendam barang Anda, putar-putar di dalam air, dan biarkan terendam hingga setengah jam.

Kemudian tiriskan dan bilas sampai air mengalir jernih. Letakkan barang-barang Anda rata hingga kering.

2. Sutra

Ketika berbicara tentang bahan sutra, ada kemungkinan besar label perawatan semuanya mengatakan "hanya dry cleaning."

Namun, dimungkinkan untuk mencuci barang-barang ini di rumah. Metode yang direkomendasikan adalah mencuci dengan tangan.

"Ini adalah metode terbaik dan teraman untuk menghindari risiko menyusut, tersangkut, dan kerusakan lainnya," kata Whiting dan Boyd.

Untuk melakukannya, gunakan air dingin dan deterjen lembut. Gantung barang-barang Anda hingga kering, tetapi hindari meninggalkannya di tempat yang terkena sinar matahari karena dapat menyebabkan warna memudar.

3. Bra

Pengait bra tidak hanya berisiko tersangkut pada pakaian yang lain, tetapi tali bra bisa meregang dan kehilangan bentuknya saat berputar dengan pakaian yang lain di mesin cuci.

Jika memungkinkan, Anda harus mencuci bra dengan tangan dan hindari pengering. Anda sebaiknya meletakkannya rata hingga kering karena menggantung juga dapat menyebabkan bra meregang.

4. Pakaian terstruktur

Meskipun bahan dari pakaian yang dimaksud mungkin ramah terhadap mesin cuci, memasukkan setelan celana favorit Anda atau rok lipit yang cantik ke dalam mesin cuci bukanlah hal yang ideal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com