Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Deklarasi Prabowo-Muhaimin, Pengamat: Keduanya Memungkinkan Maju, asal...

Kompas.com - 15/01/2022, 17:23 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Ratusan orang di Bandung, Jawa Barat, mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto - Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Mereka mengatasnamakan Barisan Prabowo-Gus Muhaimin menggelar deklarasi di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (12/1/2022).

Koordinator Barisan Prabowo Gus Muhaimin, Rahmat Ari Andi, dalam keterangan tertulis menilai Prabowo - Muhaimin adalah figur ideal yang bisa membawa Indonesia menjadi negara maju.

Ia menganggap bahwa Prabowo dengan latar belakang nasionalis dan Muhaimin sebagai santri dianggap figur yang bisa menyelesaikan persoalan bangsa ke depan.

Baca juga: Gerindra Berharap Jokowi Dorong Prabowo Kembali Jadi Capres 2024

Prabowo Subianto, kata Rahmat, merupakan figur yang memiliki spirit nasionalisme tinggi serta mempunyai gagasan fokus ekonomi yang mengutamakan rakyat adil, makmur berkualitas dan berwawasan lingkungan.

Sedangkan, Muhaimin adalah cucu dari KH Bisri Syansuri, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, dinilai terbukti dan konsisten dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia sampai saat ini.

"Jadi sangat cocok, Prabowo dengan notabene memiliki latar belakang militer nasionalis dengan Gus Muhaimin dengan latar belatar NU yang kita ketahui sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia," paparnya.

Rahmat mengatakan, Barisan Prabowo Gus Muhaimin nyatakan siap bekerja keras dan menjadi motor penggerak Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar untuk menjadi pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Sementara itu, Politisi Partai Gerindra Jawa Barat Daddy Rohanady, dalam keterangan tertulis, menilai, dukungan tersebut menunjukan bahwa Prabowo yang kini menjabat Menteri Pertahanan RI itu masih diminati masyarakat sebagai calon presiden tahun 2024 mendatang.

"Kami berterima kasih dengan fenomena deklarasi atau apapun namanya, yang pasti menunjukan bahwa masih banyak masyarakat yang cinta ke Prabowo," kata Daddy, Sabtu (15/1/2022).

Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar ini menjelaskan, persoalan pendamping Prabowo Subianto masih menjadi misteri. Karena DPP Partai Gerindra belum memutuskan siapa yang cocok dan layak menjadi pendamping Prabowo.

Bahkan lanjut dia, deklarasi yang digaungkan masyarakat terkait duet Prabowo-Gus Muhaimin di Pilpres nanti masih menunggu keputusan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Keputusannya di DPP, akan ada musyawarah, memang keputusan terakhirnya tetap di Prabowo, toh kalau DPP minta dengan si A pasti dengan pertimbangan, dan kemudian Prabowo mempertimbangkan pasangannya juga," kata Daddy.

Analisis pengamat politik

Analis politik dan Direktur IndoStrategi Research And Consulting Arif Nurul Imam.istimewa Analis politik dan Direktur IndoStrategi Research And Consulting Arif Nurul Imam.

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam berpendapat, deklarasi relawan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar tentu merupakan inisiatif untuk melakukan simulasi dan penjajakan politik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com