Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Karakter Bunglon yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memeliharanya

Kompas.com - 26/12/2021, 12:11 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda tertarik memelihara bunglon atau Chameleonidae? Hewan peliharaan satu ini memang mempesona lantaran bisa mengubah warna menangkap mangsa dengan lidahnya yang panjang dan lengket.

Caranya menggerakkan matanya secara independen satu sama lain membuat pecinta hewan tertarik memeliharanya.

Perlu diketahui, hewan reptil eksotis ini memiliki habitat unik.

Belum lagi kebutuhan makan yang membuatnya lebih sulit dirawat daripada hewan peliharaan kecil lainnya seperti kadal dan hamster.

Melansir dari The Spruce Pets, Rabu (22/12/2021), berikut 5 karakter bunglon yang perlu Anda ketahui sebelum memeliharanya.

Baca juga: 5 Tips Aman Saat Harus Meninggalkan Hewan Peliharaan di Rumah

1. Bunglon tidak suka dipegang

Bunglon adalah hewan penyendiri yang tidak suka banyak dipegang atau ditemani. Untuk itu, dalam kebanyakan kasus, sangat penting hanya menampung satu bunglon dalam satu kandang guna mencegah perkelahian dan stres, terutama bunglon jantan.

Bunglon adalah hewan yang agak tenang ketika dalam pengaturan soliter, tapi hewan reptil ini bergerak lambat dan menarik untuk ditonton.

Bunglon juga tidak terlalu vokal terhadap situasi yang tidak disukainya. Ketika stres, kemungkinan besar bunglon akan membuka mulutnya, tetapi tidak menyerang atau menggeliat.

Dengan mempelajari kebiasaan dan sifat bunglon, dapat membantu Anda membaca tanda-tanda kesusahan atau kebahagiaan bunglon dengan benar.

2. Bunglon butuh kandang khusus

Bunglon hidup di pepohonan. Artinya, kandang bunglon harus tinggi dan memiliki banyak cabang dan tanaman untuk menyediakan dedaunan lebat bagi bunglon seperi di habitat aslinya.

Hal ini juga membantu bunglon merasa aman, menawarkan kesempatan menjelajah dan bersembunyi, serta meminimalkan stres.

Idealnya, kandang bunglon harus tinggi dan diposisikan lebih tinggi seperti di atas meja untuk membantu bunglon mendapatkan tempat yang disukai.

Baca juga: Cara Bunglon Berkembang Biak

3. Kandang harus rutin dibersihkan dengan baik

Untuk menjaga bunglon tetap sehat dan bahagia, Anda perlu membersihkan kandangnya setiap hari dan pembersihan mendalam setiap minggu dan tahun.

Untuk pembersihan harian, buang serangga atau kotoran yang mati dan bersihkan area kandang yang membandel.

Setiap minggu, bersihkan kandang secara lebih menyeluruh, termasuk membersihkan tanaman dan cabang di dalam kandang dengan cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com