Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias Indoor yang dapat Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

Kompas.com - 06/11/2021, 09:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Tanaman hias kini bukan hanya untuk ditanam di halaman rumah, tetapi juga untuk menghiasi ruangan di dalam hunian.

Akan tetapi, tak semua tanaman cocok diletakkan di dalam rumah. Alasannya, banyak tanaman membutuhkan perawatan di luar rumah, terutama terkait asupan sinar matahari.

Meski begitu, tak perlu khawatir, sebab tak sedikit tanaman hias cantik dan populer yang tetap tumbuh baik walaupun tidak terpapar sinar matahari.

Phoebe Poole dari Weatherlow Florals mengatakan, terdapat beberapa tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari yang bisa dipilih untuk menghiasi ruangan di rumah.

Dilansir dari Real Simple, berikut ini 6 tanaman hias indoor yang tetap tumbuh baik meski tidak terpapar sinar matahari:

Baca juga: 5 Tanaman yang Tidak Perlu Sinar Matahari, Cocok untuk Hiasan Indoor

1. Lidah mertua

Tanaman hias indoor pertama yang dapat tumbuh tanpa sinar matahari adalah lidah mertua.

Tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan baik di sudut yang jauh dari jendela. Tanaman hias ini juga sangat toleran meski minim perawatan.

"Siram ketika lapisan atas tanah benar-benar kering, yang biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu," ujar Poole.

2. Tanaman laba-laba atau spider plant

Tanaman laba-laba atau spider plant memang sering digunakan untuk menghiasi ruangan, baik di rumah maupun di kantor.

"Tanaman laba-laba tumbuh seperti rumput liar jika Anda terus memangkasnya. Letakkan piring di bawah pot dengan drainase untuk menghindari pembusukan," kata Poole.

Selain itu, Poole menambahkan, daun mati spider plant juga perlu dicabut dan dibuang agar nutrisi bisa diserap oleh bagian tanaman yang baru tumbuh.

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar agar Lebat dan Berbunga Besar

"Lebih baik memotong daun atau sulur yang sekarat, karena tanaman akan memberikan lebih banyak energi untuk pertumbuhan baru daripada mencoba menjaga daun itu tetap hidup," jelas Poole.

3. Sirih gading

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com