Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Tidak Perlu Sinar Matahari, Cocok untuk Hiasan Indoor

Kompas.com - 30/10/2021, 18:02 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang ingin merawat tanaman hias di dalam ruangan yang tidak memerlukan sinar matahari, ada beberapa tanaman yang bisa diletakkan di dalam rumah.

Tanaman hias yang sedang tren dan cantik yang tidak membutuhkan sinar matahari.

Phoebe Poole dari Weatherlow Florals menjelaskan, berikut beberapa tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari yang dapat Anda pilih.

Selain itu, tanaman-tanaman ini pun perawatannya mudah. Berikut adalah sejumlah tanaman hias indoor yang tidak butuh sinar matahari, seperti dikutip dari Real Simple, Senin (25/10/2021).

  • Lidah mertua

Tanaman ini sangat toleran terhadap perawatan yang minim, serta tumbuh dengan baik di sudut yang jauh dari jendela.

Daun runcingnya yang unik dan modern dengan warna beraneka ragam terlihat cantik di pot kecil atau pot besar.

"Siram ketika lapisan atas tanah benar-benar kering, yang biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu," jelas Poole.

  • Tanaman laba-laba atau spider plant

Anda mungkin pernah melihat daun beraneka ragam hijau atau hijau-putih dari tanaman gantung ini di ruang perkantoran. "Tanaman laba-laba tumbuh seperti rumput liar jika Anda terus memangkasnya dan Anda tidak membiarkannya membusuk. Letakkan piring di bawah pot dengan drainase untuk menghindarinya," kata Poole.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor Ini Tidak Membutuhkan Sinar Matahari, Apa Saja?

Anda juga perlu mencabut daun mati dari pot.

"Lebih baik memotong daun atau sulur yang sekarat, karena tanaman akan memberikan lebih banyak energi untuk pertumbuhan baru daripada mencoba menjaga daun itu tetap hidup," ungkap Poole.

  • Sirih gading

Merawat tanaman sirih gading secara berlebihan malah bisa membunuhnya. Jika tanaman ini mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, maka bisa membuat mereka mati.

"Mereka hampir ingin sedikit kelaparan, jadi biarkan mereka benar-benar kering di antara penyiraman. Saya pikir salah satu alasan mereka melakukannya dengan baik di lingkungan kantor adalah karena orang-orang lupa menyiraminya," sebut Poole.

Untuk memeriksa, tempelkan jari ke tanah untuk mengetahui apakah sudah kering, atau angkat pot untuk melihat seberapa beratnya.

Tanaman yang membutuhkan air akan terasa cukup ringan. Jika sirih gading perlu dipangkas, Anda dapat membuat tanaman kecil baru dengan menempatkan potongannya dalam secangkir air di ambang jendela sampai akar baru mulai tumbuh.

  • Suplir

Suplir adalah tanaman yang cantik, namun cenderung rumit perawatannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com