Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur? Begini Penjelasan Feng Shui

Kompas.com - 24/10/2021, 07:15 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Di banyak rumah, kamar mandi terletak di dalam kamar tidur. Tujuannya agar pemilik kamar memiliki privasi dari penghuni rumah lainnya.

Menurut feng shui, kamar mandi di dalam kamar tidur bisa memicu berbagai masalah. Akan tetapi, hal itu tidak akan terjadi jika rancangannya dibuat secara cermat.

Seperti yang diketahui, banyak orang yang percaya dan menerapkan feng shui dalam berbagai aspek kehidupannya, dengan harapan hidupnya akan lebih baik dan harmonis.

Dilansir dari Home Guides SF Gate melalui KOMPAS.com, banyak orang menerapkan feng shui di rumahnya agar aliran chi atau energi kehidupan yang vital lebih optimal di seluruh tempat tinggal.

Kamar mandi di dalam kamar tidur dapat mengganggu aliran chi atau mengarahkannya dengan cara yang tidak harmonis.

Baca juga: 4 Tips Desain Ruang Tamu ala Skandinavia atau IKEA

Alasannya, terdapat dua aktivitas yang tidak sesuai, yakni istirahat di kamar tidur dan pembersihan dan pembuangan limbah di kamar mandi namun dalam ruangan yang sama.

Kondisi itu mengarah pada tantangan praktis dan energik. Pencahayaan yang terang dan suara pipa yang mengalir dari kamar mandi dapat mengganggu tidur.

Selain itu, menurut feng shui, pipa menyalurkan chi yang kuat, sedangkan energi air kamar mandi mengarah ke perasaan yang tidak berdasar.

Feng shui kamar mandi

Menerapkan feng shui untuk kamar mandi sangat penting, tetapi lebih penting lagi untuk kamar mandi yang berada di dalam kamar tidur.

Pastikan kloset selalu ditutup setelah digunakan dan saluran wastafel serta bak mandi disumbat. Kedua tindakan tersebut dapat membantu mencegah chi rumah terbuang.

Kamar mandi harus memiliki setidaknya satu jendela. Jika tidak, gunakan cermin dan tanaman hijau untuk membawa energi kesegaran dan pertumbuhan.

Baca juga: Manfaat di Balik Desain Ruangan dengan Aksen Tanaman Hias

Gunakan juga ubin keramik atau aksesori yang mewakili elemen tanah di kamar mandi untuk membantu membumikan chi dan mengimbangi elemen air di kamar mandi.

Penempatan tempat tidur

Jangan memposisikan kepala tempat tidur di dinding yang menempel dengan kamar mandi, dapur, atau saluran air cucian.

Jika memungkinkan, pastikan tidak ada bagian tempat tidur yang berhadapan langsung dengan pintu kamar mandi.

Tutup pintu kamar mandi

Menutup pintu kamar mandi di malam hari atau selama waktu tidur adalah solusi yang tepat. Selain itu, ikat pita merah ke kenop pintu kamar mandi agar chi tetap bersirkulasi.

Jika memungkinkan, tempatkan partisi ringan untuk menyembunyikan pintu kamar mandi dari tempat tidur, sambil tetap menyisakan celah untuk masuk.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com