Manfaat di Balik Desain Ruangan dengan Aksen Tanaman Hias

Kompas.com - 29/06/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi tanaman dalam ruangan shutterstockIlustrasi tanaman dalam ruangan

                                     

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan di luar ruangan terjeda, sekolah dirumahkan, begitu juga aktivitas pekerjaan, tak sedikit pekerja atau karyawan yang diminta bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Dengan banyak kegiatan yang sebagian besar dilakukan dari dalam rumah, membuat sebagian dari kita kemudian berpikir untuk melakukan sesuatu yang biasanya tidak pernah dilakukan di masa normal.

Misalnya membeli hewan peliharaan seperti ikan, kucing, anjing, dan sebagainya, atau mendekor ulang rumah dengan menambahkan beragam tanaman hias di beragam sudutnya.

Baca juga: Mengenal Rule of 20 untuk Atasi Mata Lelah

Kegiatan kedua ini tampaknya banyak dilakukan di masa WFH ini, selain karena menginginkan suasana baru di dalam rumah, beragam unggahan di media sosial tentang desain ruangan yang dihias beragam jenis tanaman juga memberikan dorongan tersendiri bagi sebagian dari kita untuk juga melakukan hal yang sama.

Tapi tahukah, ternyata keberadaan tanaman di dalam ruangan sebagaimana yang saat ini tengah digandrungi, memiliki banyak manfaat positif bagi orang-orang di dalamnya?

Dikutip dari NBC News, memiliki tanaman hias di dalam ruangan banyak memberikan keuntungan atau kebaikan bagi orang yang ada di sana.

Pertama, mereka memproduksi oksigen dan menyerap karbondioksida. Ini berkebalikan dengan sistem pernapasan manusia, kita mengeluarkan karbondioksida dan mengirup oksigen.

Baca juga: Anggur Jan Ethes hingga Padi Fatmawati, Nama Tanaman dari Keluarga Presiden

Mengurangi stres

Tanaman hijau di kamar mandi modern karya Pavel Mihalenok. behance.net Tanaman hijau di kamar mandi modern karya Pavel Mihalenok.

Jadi, tanaman-tanaman tersebut menyediakan oksigen yang dibutuhkan manusia, membuat udara menjadi lebih segar, dan menyerap racun berbahaya.

Bahkan, penelitian dari Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) menyebut tanaman hias yang ada di sekitar rumah ini mampu menghapus 87 persen udara beracun dalam 24 jam.

Dalam studi lain, keberadaan tanaman di sudut-sudut ruangan juga terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen.

Baca juga: Berjerawat Saat WFH, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Merawat tanaman yang merupakan makhluk hidup dapat membuat kita seakan-akan memiliki tujuan tertentu, yakni merawatnya dan memastikan mereka tumbuh dengan baik.

Dan pada saatnya tanaman-tanaman tersebut berkembang atau berbunga, kita sebagai pemilik merasa mendapat apresiasi dari apa yang kita kerjakan sebelumnya.

Selain itu, tanaman-tanaman hias ini juga bisa mengurangi tingkat stres, meningkatkan suasana hati, mengatur kelembaban, menenangkan, dan yang pasti keberadaan tanaman-tanaman tersebut dapat memperindah estetika ruangan di rumah Anda.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu Dibuka, Simak Protokol Kesehatannya Sebelum Mendaki

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X