Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Capres 2024: Prabowo dan Ganjar Imbang, Anies Posisi Ketiga

Kompas.com - 23/10/2021, 17:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Pemilu 2024 memang masih cukup jauh, namun beberapa lembaga survei telah menghitung elektabilitas beberapa tokoh dan politikus Tanah Air.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (18/10/2021), Berdasarkan survei dari Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki persentase yang sama dalam survei calon presiden untuk Pemilu 2024.

Dilansir dari Kompas.id melalui KOMPAS.com, persentase elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo adalah 13,9 persen.

Dengan begitu, Menteri Pertahanan dan Gubernur Jawa Tengah itu menduduki posisi pertama dan kedua dalam survei capres untuk Pemilu 2024 dari lembaga survei Litbang Kompas.D

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menempati peringkat ketiga dengan persentase elektabilitas sebesar 9,6 persen.

Baca juga: Isu Persaingan Capres PDI-P Memanas, Ganjar atau Puan?

Menurut peneliti utama Litbang Kompas, Bestian Nainggolan, persaingan elektabilitas capres antara ketiga tokoh tersebut sangat ketat.

"Inilah yang menarik. Kita cermati di papan atas yang berisi tiga orang ini, persaingan sedemikian ketat," kata Bestian.

"Tadinya berjarak cukup lebar antara Pak Ganjar dengan Pak Prabowo dan Pak Anies Baswedan, ini menjadi semakin dekat, terutama Pak Ganjar Pranowo dan Pak Prabowo," terangnya.

Bestian menjelaskan, persentase elektabilitas Anies Baswedan dalam survei capres sebelumnya adalah 10 persen.

Dengan begitu, persentase elektabilitas Anies dinilai relatif sama dan tidak ada pergerakan jika dibandingkan dengan survei saat ini yang menghasilkan 9,6 persen.

"Katakanlah tidak ada satu peningkatan elektabilitas yang terjadi," ujarnya.

Baca juga: Ada Agenda Pemilu 2024 di Balik TWK dan Pemecatan Penyidik KPK

Sementara itu, elektabilitas Ganjar Pranowo meningkat drastis jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya pada April 2021.

Sebelumnya, Ganjar hasil elektabilitas menunjukkan persentase sebesar 7,3 persen, sehingga dia menempati posisi ketiga atau di bawah Anies Baswedan.

"Kali ini melonjak menjadi 13,9 persen, katakanlah masih dalam rentang hasil yang sama dengan Pak Prabowo Subianto," kata Bestian.

Selain ketiga politisi tersebut, survei Litbang Kompas juga menunjukkan tingkat elektabilitas tokoh lain, seperti Ridwan Kamil (5,1 persen), Tri Rismaharini (4,9 persen), Sandiaga Uno (4,6 persen), Basuki Tjahaja Purnama (4,5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (1,9 persen), Mahfud MD (1,2 persen), dan Gatot Nurmantyo (1,1 persen).

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 26 September hingga 9 Oktober 2021 melalui wawancara tatap muka. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dari 34 provinsi di Indonesia.

(Penulis: Nicholas Ryan Aditya | Editor: Bayu Galih)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com