Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Belum Sarankan Anak di Bawah 12 Tahun Divaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

Kompas.com - 23/10/2021, 21:41 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO belum merekomendasikan anak Indonesia berusia di bawah 12 tahun untuk diberi vaksin Covid-19.

Pemerintah masih menunggu subjek penelitian yang memadai.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro di Solo, Jawa Tengah, sebagaimana dilansir Antaranews.com, Sabtu (23/10/2021).

"Untuk vaksin 12 tahun ke bawah memang di beberapa negara sudah tersedia, tetapi di Indonesia, karena WHO belum memutuskan untuk membolehkan, maka kami mengikuti anjuran dan aturan di sana," kata Reisa.

Baca juga: Setelah 1 Bulan Sembuh, Penyintas Covid-19 Bisa Disuntik Vaksinasi

Reisa mengatakan, untuk vaksin di bawah 12 tahun masih menunggu adanya subjek penelitian yang memadai.

"Kalau dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ingin sesuai standar, yang penting keamanan dan efektivitas. Kalau dua ini sudah terpenuhi maka bisa mulai dicanangkan, tetapi sejauh ini belum ada 'technical trial'," katanya.

Dengan demikian, dikatakannya, saat ini belum ada vaksin yang direkomendasikan untuk anak di bawah 12 tahun.

Disinggung terkait munculnya klaster Covid-19 di sejumlah sekolah, Reisa mengatakan, pemerintah daerah harus menggencarkan 3T, yakni tracing, testing, dan treatment ke lingkungan sekitar anak.

"Protokol kesehatan juga harus diperketat lagi, ingat bahwa kita masih di tengah pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan masih jadi yang utama." kata Reisa.

Baca juga: Vaksin Bukan Racun, Air Kelapa Tidak Menetralkan Efek Samping Vaksin

Ia menyebutkan, hingga saat ini yang masih menjadi permasalahan adalah adanya orangtua yang abai dengan tidak mengenakan masker pada anak.

"Saya sering lihat orangtua pakai masker, anak nggak dipakaikan masker. Bagaimanapun juga prokes adalah basic, prokes ke anak harus dibiasakan, apalagi ada PTM. Orang di sekitar anak harus divaksin sehingga anak isa dapat perlindungan dari orang-orang sekitarna. Ingat, anak bukan superman yang kebal terhadap Covid-19," kata Reisa Broto Asmoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com